Warga Ancam Tutup TPA Pengengat

WhatsApp Image 2020 02 25 at 21.08.19

SAMPAH: Sejumlah binatang liar terlihat di TPA Pengengat.

PRAYA – Janji manis Pemkab Lombok Tengah sejak lama kepad warga di Desa Pengegat, Kecamatan Pujut kini memuncak. Sampai dengan detik ini, satupun janji manis pemkab tak ada yang direalisasikan pasca digunakan Pengengat sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

”Kami siap tutup paksa kalau tidak direspons pemerintah. Dari pada bawa dampak buruk,” kata tokoh pemuda setempat, Rata Wijaya. Pada radarmandalika.id, kemarin.

Dia mengatakan, dengan hadirnya TPA ini, dijanjikan pemkab akan diaspalkan jalan raua yang setiap hari dilintasi truk pembawa sampah.

“Memang tahun 2013 – 2014 dilakukan pembebasan lahan dan pembangunan  dilakukan,” ujarnya.

Katanya, yang paling mencemaskan  yakni soal maraknya anjing liar di desa bahkan lokasi TPA. Bahkan informasi diterima, TPA ini mau ditingkatkan kapasitasnya menggunakan APBN, berkisar 1 miliar.

“Apakah ini memang sudah nasib kita?” tanyanya.

Katanya, penyakit sudah mulai bermuncukan di desa. Mulai dari DBD, dan bisa saja ini ada hubungannya dengan sampah atau keberadaan TPA. Sementara disentil, program zero waste hanya sebatas di kota, sedang desa di pinggiran hanya dapat bagian sampah saja.

Sementara, Sekdes Pengegat Patriono kepada radarmandalika.id  mengatakan, soal sampah yang kian memperparah keadaan, karena kalau hanya dapat bau, ceceran sampah sepanjang jalan karena truk tanpa penutup  dan pasti merusak jalan.

“Dulu dijanjikan akan ditata dengan baik, akan diserap tenaga kerja di sekitar , dan akan dijadikan lokasi rekreasi oleh pemerintah. Tapi mana?” tanyanya.

Harapan warga Dusun Batu Putek dan atas nama Pemerintah Desa Pengengat agar bisa diperhatikan dan lokasi TPA bisa ditata dengan baik, supaya janji-janji manis dulu bisa terealisasi.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mahasiswa Minta Gubernur Tutup Metzo

Read Next

Kebakaran, Isi Kios Ludes

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *