PERSIAPAN: Sekda H Ilham didampingi Kadistan HL Winengan, Kabid Operasional Abdurrahman, Kabid Hubdat Shantia Sari Dewi, unsur TNI polri rapat bersama Biro Protokol Negara membahas rencana kunjungan Wapres RI. (IST/RADAR MANDALIKA)

LOBAR – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin diagendakan bakal kembali mengunjungi Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu untuk menghadiri acara panen raya padi yang akan digelar 16 Maret mendatang di Kecamatan Kediri.

Rapat persiapan sudah dilakukan Pemkab Lobar dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar H Ilham, didampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan) Lobar HL Winengan. Selain itu beberapa lembaga lintas sektor juga ikut dalam rapat itu mulai dari Kabid Operasional Satpol PP, Kabid Perhubungan Darat (Hubdat) Dishub Lobar, unsur TNI Polri bersama Biro Protokol Negara. Rapat yang digelar secara virtual itu diikuti pula oleh pihak provinsi dan instansi terkait lainnya.

“Beliau (Wapres) akan panen raya di BBU yang ada di Kumbung,” ujar Kepala Distan Lobar, HL Winengan.

Dari hasil rapat dengan Biro Protokol Negara sudah dipastikan Wapres hadir. Kegiatan kunjungan Wapres ini sebagai bentuk apresiasi terhadap petani. Sekaligus bertepatan jelang HUT Lobar ke 65. “Sekaligus kita undang beliau karena kita HUT (Lobar) ke 65, beliau hadir sehingga kita harapkan Lobar dapat berkah. Karena disamping sebagai Wapres, beliau juga sebagai ulama,” jelasnya.

Agenda Wapres pada kunjungannya itu hanya untuk melakukan panen raya. Karena Lobar termasuk daerah lumbung pangan negara (nasional). Dimana tiap tahun memasok 35 ribu ton ke negara. “Ini kita laporkan ke beliau, sehingga beliau berikan apresiasi ke petani. Petani adalah pahlawan bagi 270 juta jiwa penduduk Indonesia,” kata dia.

Nantinya pada acara itu akan dihadirkan juga perwakilan petani dan penyuluh untuk berdialog dengan Wapres. Sehingga para petani bisa menyampaikan berbagai hal yang dialami, seperti masalah pupuk dan soal penyuluhan. Selain itu, ada juga usulan dari petani soal bantuan ke Wapres. “Wapres datang berkunjung Lobar sudah dua kali berturut-turut, tahun 2022 dan 2023 ini,” sebutnya. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *