Sekda NTB, H Lalu Gita Ariadi. (Ist/radarmandalika.id)

MATARAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi, yang juga selaku Ketua Umum dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) FORSESDASI menghadiri sekaligus memberi sambutan pada acara Rapat Kerja Nasional tahun 2023, di Swiss Bell Inn Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2023).

Dalam sambutannya, Sekda NTB memaparkan, para Sekda Provinsi, Kabupaten dan kota berkomitmen mendukung kepala daerah mensukseskan 8 amanat Presiden, menjaga momentum pembangunan, menciptakan iklim kondusif di daerah untuk suksesnya agenda-agenda politik nasional tahun 2024.

“Para Sekda Provinsi, Kabupaten dan kota berkomitmen mendukung kepala daerah mensukseskan 8 amanat Presiden,” ujarnya.

Sekda juga menyampaikan, kalau Rakernas FORSESDASI ini menjadi moment konsolidasi Sekretaris Daerah mendukung 8 amanat Presiden pada Rakornas Kepala Daerah yg dilaksanakan di Sentul bulan Januari 2023 lalu, sekaligus ajang silaturahmi Sekretaris Daerah Provinsi dan Kordinator Wilayah Forsesdasi Kabupaten-Kota seluruh Indonesia.

Disampaikan pula rumusan permasalahan dalam forum diskusi dalam sesi 2 Sekda NTB bertindak sebagai moderator dengan Narasumber Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si diantaranya terkait peran pengamanan sekretaris daerah terhadap aparat penegak hukum (APH) dan konsekuensi hukum lainnya, kewenangan dan hak-hak jabatan sekretaris daerah, serta penguatan kelembagaan FORSESDASI dari forum menjadi asosiasi.

Sekda provinsi maupun kabupaten dan kota sebagaimana amanat UU No. 5 Tahun 2014 ASN Pasal 21 (D) menyatakan bahwa ASN termasuk didalamnya Sekretaris Daerah yang merupakan bagian dari warga negara diberikan perlindungan hukum dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik. Kemudian kewenangan dan hak-hak jabatan sekretaris daerah berlandaskan Stabilisator, Eksekutor, Komunikator, Dinamisator, dan Administrator.

Hadir pada Acara tersebut Sekjen Kemendagri, Sekda Provinsi se Indonesia, Sekda Kabupaten/Kota se Indonesia, Karo Hukum Sekjen Kemendagri, Karo Ortal Kemendagri dan sebagian hadir dalam virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting. (arb)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 391

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *