Tujuh Tahun Radar Mandalika Memberikan Informasi untuk Kemajuan Pembangunan Daerah

WhatsApp Image 2020 03 03 at 22.47.59

dok pribadi for RADAR MANDALIKA.ID Rozi Arianto 

OPINI

Penulis Rozi Arianto

 

HADIRNYA Media Cetak Radar Mandalika di tengah masyarakat dengan terus memberikan informasi yang bermanfaat sebagai penunjang kemajuan suata daerah. 

Keterbukaan informasi sebagai langkah untuk memberikan informasi edukatif yang bersifat membangun terhadap publik dengan memiliki dampak yang cukup besar.

Berbicara pada keterbukaan informasi tentu mengacu pada perkembangan informasi yang begitu cepat diperlukan revitalisasi peran dan fungsi media massa. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kegiatan pemberitaan yang dilaksanakan Radarmandalika diharapkan ke depan terus tumbuh dan menggelora, sehingga sasaran dan harapan pembangunan daerah Kabupaten Lombok Tengah dapat tercapai sesuai yang diinginkan bersama kedepannya, khususnya keberlangsungan pembangunan KEK Mandalika.

Radarmandlika ditengah masyarakat dirasakan memiliki dampak positif karena ikut berpengaruh dalam mendorong perubahan dan percepatan pembangunan. Apabila Kabupaten Lombok Tengah akan menyambut pesta pergelaran event bertaraf Internasional.

Radar Mandalika tentu juga sebagai fungsi kontrol sosialnya untuk mengawasi keberlanjutan pembangunan sebagai dasar  mendengarkan aspirasi masyarakat untuk ikut berperan membangun kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Selanjutnya, Radar Mandalika memiliki peran Sosialisasi proses pembangunan di Lombok agar dapat berjalan dengan lancar untuk melibatkan semua lapisan masyarakat baik lapisan atas maupun bawah. Semua lapisan itu saling menunjang satu sama lain dan berkaitan.

Oleh karena itu, Radar Mandalika sebagai media cetak untuk memberikan sosialisasi pembangunan haruslah efektif dan tepat sasaran agar tujuan pembangunan yang direncanakan dapat terwujud guna untuk menyentuh tiap-tiap kalangan masyarakat.

Dengan membutuhkan pendekatan komunikasi dan informasi yang transparansi agar pesan-pesan pembangunan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Sebagaimana penjelasan yang dikemukakan oleh Griffin (2003) bahwa para perencana kampanye informasi yang berhubungan dengan isu-isu kompleks masyarakat secara eksplisit perlu memilih jenis media yang berbeda (relevan) sehingga mampu menjangkau sektor khalayak yang berbeda.

Jika dilihat selama ini peran aktif Radarmandalika sebagai media cetak terbesar di Lombok Tengah di antaranya memberikan pengawalan, kontroling, dan sosialisasi pembangunan.

Diusia yang ketujuh tahun peran Radar Mandalika untuk masyarakat dapat menambahkan gagasan pengetahuan keberlangsungan pembanguna.(*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Direktur BUMDes Monggas Tepis Tuduhan

Read Next

UIN Mataram Dijaga Polisi Bersenjata

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *