Tarif Beacukai Motor Balap untuk WSBK Dijamin Kadin

F Kasi Penyidikan dan Penindakan KPPBC Mataram

KPPBC Mataram JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA Riyanto

MATARAM – Jadwal perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika sudah keluar, event dunia ini akan berlangsung di Sirkuit Mandalka 19-21 November 2021. Dipastikan akan banyak pengiriman barang kebutuhan untuk event WSBK yang didatangkan dari luar negeri seperti, motor balap yang langsung dikirim dari luar negeri. Seperti apa tarif beacukainya?

Kasi Penyidikan dan Penindakan Beacukai (KPPC) Mataram, Riyanto menjelaskan, motor milik rider sendiri masuk kategori barang tidak habis pakai sehingga skema pembebasan tarif beacukainya dijamin oleh Kamar Dadang dan Industri Indonesia (Kadin). Teknis pengirimannya barang yang dikirim hari itu masuk ke charter menggunakan pesawat lalu dimasukkan ke tempatnya baru dilakukan pengawasan dan pemeriksaan oleh petugas beacukai. Setelah selesai barang tersebut diberikan waktu 6 sampai 12 jam di lokasi, selanjutnya harus dikirim kembali ke asal semula.
“Jadi mereka tidak lama menetap di sini maksimal 12 jam sudah harus boarding lagi,” katanya.

Selanjutnya, untuk barang habis pakai seperti oli motornya memakai skema pembebasan tarif cukai dilakukan oleh pengelola KEK Mandalika. “Pembebasannya diberikan oleh adminstrator KEK,” jelasnya.

Riyanto menerangkan, mengenai tarif beacukai itu dikhususkan untuk barang yang charter langsung ke Bandara Internasional Lombok (BIL). Charter pertama pengenaan tarif beacukai biasanya di pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Priuk atau Bandara Soekarno Hatta.

Selanjutnya untuk crew WSBK sendiri berjumlah 1.200 yang akan datang ke Lombok tetapi pintu masuk tidak melalui BIL. “Ke BIL sudah masuk penerbangan domestik,” katanya lagi. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Siapkan Doorprize dan Reward untuk Kebut Vaksinasi di Lombok

Read Next

Untuk NTB, Zohri Berhasil Sumbang Dua Emas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *