DITEMUKAN: Ketiga nelayan asal Sekotong yang sempat hilang melaut selama lima hari akhirnya ditemukan Basarnas di perairan Banyuwangi Jawa Timur, Kamis (15/6). (IST/RADAR MANDALIKA)

LOBAR—Tiga nelayan asal Buwun Mas Sekotong yang sempat hilang melaut selama lima hari akhirnya ditemukan di perairan Banyuwangi, Rabu (14/6/2023) pukul 15.00 wita. Mereka ditemukan Basarnas sekitar 28 mil dari bibir pantai Banyuwangi Jawa Timur.

“Ditemukan oleh kapten Didik dan krunya yang berjumlah 5 orang dari tim sekoci rute selat Banyuwangi. Kemudian dibawa ke bibir pantai di Pelabuhan Pancer Banyuwangi,” ujar Kapolsek Sekotong Iptu Kadek Sumarte saat dikonfirmasi, Kamis (15/6).

Ketiga nelayan itu kini masih berada di Pelabuhan Pancer Banyuwangi menunggu dipulangkan ke Lombok. Kondisi ketiga nelayan itu sehat walafiat. “Alhamdulillah sehat semua. Tinggal tunggu koordinasi antara SAR NTB dan SAR Bayuwangi apakah hari ini bisa dipulangkan atau besok,” jelasnya.

Sebelumnya ketiga nelayan asal Dusun Kombang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong dikabarkan hilang kontak sejak Jumat (9/6) saat mencari ikan di tengah laut.  Hampir lima hari warga bersama tim Basarnas Mataram mencari keberadaan para nelayan itu. Meski sempat mendapat informasi dari sesama nelayan yang melihat perahu ketiga nelayan itu di tengah laut dalam kondisi kehabisan bahan bakar minyak. Namun tetap saja saat dicari keberadaannya tak ditemukan.

Sementara itu Anggota DPRD Lombok Barat (Lobar) asal Sekotong H Abdul Majid berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu proses pencarian ketiga nelayan itu. Politisi PPP itu pun mengingatkan para nelayan untuk selalu berhati-hati dan memantau informasi kondisi cuaca dari BMKG sebelum melaut.

“Alhamdulillah kami sangat berterimakasih kepada Basarnas dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, yang telah atensi dan terlibat. Kami juga imbau kepada masyarakat untuk mematuhi imbauan dan informasi BMKG,” imbaunya.(win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 319

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *