LOBAR – Pondok Pesantren Tahfizh (PPT) Darul Qur’an Lombok Karang Bayan Lombok Barat (Lobar) menggelar acara wisuda santri penghafal Al Qur’an 10, 20 dan 30 Juz ke-VII, Sabtu (24/6). Bertempat di Gedung Graha Bakti Praja Komplek Kantor Gubernur NTB, tahun ini jumlah santri yang di wisuda PPT berjumlah sekitar 33 orang. Terdiri dari santri penghafal 30 Juz sebanyak 14 orang, sementara untuk wisudawan 20 Juz sebanyak 10 orang sedangkan wisudawan 10 Juz berjumlah 9 orang.

Dalam sambutannya, Mudir PPT Darul Qur’an Lombok Ust. Usman, M.Pd.I menyampaikan bahwa tema wisuda Al Qur’an ke-VII adalah Membangun Generasi Qur’ani, Berkontribusi Membangun Negeri.

“Tema yang diangkat dalam wisuda ini adalah, Membangun generasi Qur’ani, Berkontribusi membangun negeri, karna generasi Quran memiliki karakteristik yang bahkan lebih kuat dari gunung sehingga dirasa mampu membangun dan menjayakan negeri ini ke depan. Inilah kontribusi yang kami persembahkan untuk negeri ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ust Muda yang juga Mahasiswa Doktoral Tafsir ini menjelaskan karakteristik Generasi Qur’ani adalah Khasyah (takut) kepada Allah. Menjadi pasak bagi peradaban zamannya, kokoh memegang nilai-nilai Al Qur’an dan memiliki karakter pembelajar sepanjang masa.

“Generasi Qur’ani itu memiliki karakteristik yang jelas dalam Al Qur’an, diantaranya adalah Khasyah, memilik rasa takut kepada Allah SWT karena ada Al Quran yang melekat dalam dadanya. Generasi Qur’ani juga menjadi pasak yang akan menjaga stabilitas peradaban pada zamannya sebagaimana gunung menjadi pasak di bumi ini. Kemudian karakteristik selanjutnya, Generasi Qur’ani memiliki prinsip yang kokoh dalam memperjuangkan nilai-nilai Al Qur’an dan tentu saja, Generasi Qur’an adalah generasi yang terus belajar sepanjang masa,” terangnya.

Acara wisuda ini juga turut dihadiri oleh H Yusron Hadi staf Ahli Gubernur selaku pejabat yang mewakili Gubernur yang berhalangan hadir, beberapa pimpinan pondok pesantren dan para tuan guru.

Acara yang dibuka dengan lagu Indonesia Raya ini berlangsung khidmat dan penuh haru. Sebelum acara ditutup para tamu undangan diberikan kesempatan untuk melakukan uji publik terhadap santri yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz.(win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 798

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *