FENDI/ RADAR MANDALIKA DISKUSI: Warga Kabul saat menggelar pertemuan dengan pihak PNM Mekar, Kamis kemarin.

PRAYA – Menjawab keluhan warga Desa Kabul, Kecamatan Praya Barat Daya, Pimpinan Regional Mekar Mataram II bertemu dengan perwakilan masyarakat di aula kantor desa setempat, Kamis (27/10) kemarin. Dalam pertemuan, pihak PNM Mekar diminta memberikan penjelasan kepada perwakilan masyarakat untuk memberikan penjelaskan berkaitan dengan jam keja colektor, keterlibatan PNM Mekar pada kegiatan kepemudaan, sistem pinjaman yang dikalim memberatkan warga dan juga persoalan lainnya.

 

Sementara, Manager Regional Mekar Mataram II, Evi Nurfitriani membantah jika para pekerjanya melakukan penagihan hingga jam 12 malam. Dimana pada jam tersebut karyawan sudah pulang dan tidak mungkin melakukan penagihan hingga jam larut malam, terlebih para pekerja PNM Mekar perempuan.

Namun demikian, pihaknya tidak menapikkan jika terjadi juga penagihan hingga malam, dimana hal ini di sebabkan oleh beberapa kendala, seperti nasabah menjanjikan siang, kemudian bergeser ke malam,  sehingga karyawannya melakukan penagihan malam.

“Itu tidak ada, biasanya karena pagi belum ada dijanjikan siang hingga malam,” katanya.

Hal ini terjadi jelasnya lantaran karyawan memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan, sehingga jumlah tagihan harus dibayarkankan oleh nasabah. Demikian pula dengan kebijakan dispensasi jelasnya menjadi dilema bagi pihaknya, sebab jika ada satu nasabah yang diberikan keringanan akan bedampak pada penundaan pembayaran nasabah lain yang nantinya dapat bedampak besar bagi perusahaan.

 

Berkaitan dengan pembinaan, sejauh ini jelasnya PNM Mekar juga aktif melakukan pembinaan kepada para nasabahnya dan juga masyarakat. Hal ini dilakukan melalui pertemuan rutin dengan nasabah, kegiatan pembinaan khusus, dan juga mensuport kebutuhan vital masyarakat seperti sanitasi air bersih di Desa Rembitan, dan juga kelompok belajar yang ada di desa kuta.

“Kita banyak kok pembinaan, mungkin belum terekpos saja,” tegasnya.

Namun demikian, pihaknya menjelaskan akan terus melakukan upaya untuk lebih banyak terlibat pada kegiatan- kegiatan di desa sesuai dengan program yang di butuhkan masyarakat.

Demikian pula berkaitan dengan sistem pinjaman, pihaknya mengkalim sistem pembiayan di lembaga keuangan lain jika di bandingkan dengan PNM Mekar jauh lebih menguntungkan karena pihaknya selain memberi pinjaman dengan ketentuan yang lebih ringan juga di berikan pembinaan bagi setiap kelompok nasabah.

“Dibandingkan yang lain, masyarakat jauh lebih untung di PNM Mekar,” klaimnnya.

 

Perwakilan warga Padli menjelaskan jika pihak PNM Mekar pada kesempatan tersebut berjanji akan melakukan evaluasi terkait sistem dan etika penagihan. Selain itu PNM juga sebutnya bersedia untuk menyerap aspirasi dari masing- masing kepala dusun yang ada di Desa Kabul berkaitan dengan kondisi masyarakat di dusunnya.

“Sistem penagihan akan dievaluasi, etika akan dievaluasi juga,” sebutnya.

Dia menjelaskan jika pihak PNM Mekar sudah berkomitmen untuk berfartisifasi di tengah masyarakat baik yang menyangkut lingkungan hidup, kegiatan masyarakat, kesehatan, dan juga pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, warga juga menjelaskan pihak PNM melakukan verifikasi administrasi terhadap masyarakat yang menggunakan KK orang lain untuk mengambil pinjaman. Sebab di desa jelasnya dua rumah warga disegel lantaran nasabah tidak bisa membayar utang dan kabur ke luar negeri.

“Ada komitmen dari pihak PNM akan di kembalikan setelah dilunasi,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, warga juga jelasnya menyampaikan agar diberikan dispensasi dimana jika tidak ada sampai dengan malam hari, diberikan keringanan hingga besok pagi agar tidak terjadi penagihan malam hari dan warga tidak terganggu.(ndi)

0% LikesVS
100% Dislikes
Post Views : 2535
3 thoughts on “PNM Mekar Bantah Ada Penagihan Sampai Jam 12 Malam”
  1. Harusnya PNmekar sebagai BUMN memberi contoh yg baik.
    Terutama masalah jam kerja.
    Apapun alasannya, kerja melebihi jam yg ditetapkan pemerintah.
    Merupakan pelanggaran.

  2. Penagih PNM mekar memang tidak punyai adab & etitud. Malam ini tgl 14/06/2023 jam 01.00 wib tengah malam telah melakukan penagihan lebih dari 20 orang kerumah nasabah, sehingga menganggu warga di daerah kami.
    Mereka sudah melanggar UUD dari OJK
    Tolong OJK tindak lanjut cara penagihan di PNM mekar ini.
    Ini terjadi pada tetangga saya yg dalam 2 minggu ini di PHK dalam pekerjaan nya
    Dia pun seorang single parent dengan anak yg masih kecil. Yang ber alamat kan di kota Padang
    Kec Sawahan timur Kel Padang timur
    Sekali lagi tolong OJK tindak lanjuti aturan menagih dari PNM mekar ini
    Jangan sampai berlanjut dengan keributan dari warga lain yg terganggu di daerah ini

  3. Jgan salahkan nasabah, klau tidak ada yg mau bayar ucpan dan lisan ja dh kaya ormas, cari karyawan pintar dalam berbicara bukan pinter cari mslah,,,,
    Saya tidak pernh pinjam, tapi tetangga jam 11 mlam datangin otak kmna, kalah sama mbk penagihan tau jam dan kententuan orang sopan satun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *