BUNDARAN: Kondisi Neon Box yang ada di bundaran depan BIZAM yang kabelnya telah dicuri, kemarin.(FENDI/ RADAR MANDALIKA)

PRAYA – Kabel penerangan jalan umum (PJU) yang berada di bundaran BIZAM dan Bypass Bizam-KEK Mandalika kembali menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, kabel penerang jalan tersebut kembali dikabarkan hilang setelah sebelumnya diperbaiki.

Akibatnya lampu penerang jalan di beberapa titik di jalan tersebut kembali tidak berfungsi lantaran instalasi-nya sudah digondol maling.

Menyoroti persoalan tersebut, Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Pujut, Syukur menilai tindak pidana pencurian kabel PJU tersebut dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pasalnya keberadaan kabel dalam tanah tersebut tidak di ketahui sembarang orang dan tidak bisa diputus sembarangan, sebab bisa saja akan menyebabkan tersengat listrik hingga bahaya kematian.

“Jelas orang pinter tapi bisa jadi didampingi masyarakat lokal,” terangnya saat di konfirmasi Radar Mandalika, kemarin.

Namun demikian, lantaran kabel tersebut kembali dicuri, pihaknya menegaskan peran penting pihak kepolisian untuk bisa mengungkap pelaku pencurian fasilitas umum tersebut. Menurutnya, para pelaku kejahatan tersebut harus diberikan hukuman yang dapat memberikan efek jera agar tindakan serupa tidak terjadi lagi.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya tindak pencurian kembali, kades menyarankan agar pemerintah memasang kamera pemantau di sepanjang jalan tersebut agar aktifitas para pencuri dapat di ketahui. Alternatif lain yang pihaknya nilai efektif untuk menjaga fasilitas umum tersebut yakni penjagaan khusus yang dapat di lakukan oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP) sehingga berbagai aktifitas di sekitar jalan tersebut bisa di awasi setiap waktu.

“Sekarang tugas pihak kepolisian untuk mencari malingnya dan penjarakan sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Untuk di ketahui, baru- baru ini masalah kabel hilang kembali menjadi sorotan, dimana sekitar 5.500 meter kabel PJU di Bypass BIL- Mandalika tersebut hilang. Dimana pihak Dishub Loteng mengetahui hilangnya kabel PJU tersebut pada Senin (20/3) saat pihaknya mengecek kondisi PJU di sepanjang jalan tersebut.

Sebelumnya kabel PJU di By pass BIL- Mandalika dan bundaran BIL juga pernah di curi pada saat gelaran World Superbike (WSBK) awal Maret lalu. Akibatnya, Neon Box dan PJU sepanjang jalan tersebut mati saat gelaran bertaraf internasional tersebut tengah berlangsung.(ndi)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *