Pemprov NTB Pastikan Distribusi JPS Gemilang Sesuai SOP

F Simbolis

HUMAS PEMPROV FOR RADAR MANDALIKA SIMBOLIS: Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat menyerahkan paket Jaring Pengaman Sosial (JPS) secara simbolis kepada warga Kota Mataram, pecan lalu.

MATARAM – Pemerintah Provinsi NTB memastikan penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang, tetap harus sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP).

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah bersama seluruh jajaran pemerintah telah menetapkan SOP dan rutin menggelar rapat koordinasi serta melakukan pemantauan lapangan agar distribusi ini berjalan secara benar.

“Sudah ada SOP. Data dan sasaran sudah ada. Kita ketahui bersama, alokasi bansos sembako JPS ini ada makanan pokok dan suplemen. Beras, minyak goreng, gula, telur, susu kedelai dan lain lain,” tegas juru bicara Pemprov NTB, Najamuddin Amy, dalam siaran persnya di Mataram kemarin.

Menurut Najamuddin, standar ini sudah diumumkan. Hanya saja sesuai dengan mekanisme penyaluran, distribusi barang barang ini dilakukan secara terpisah alias bergelombang.

Beras, telur serta minyak, menurutnya, tidak mungkin diangkut dalam satu moda transportasi. Mesti dipisahkan. “Jadi kalau ada, telur dan minyak yang rusak atau pecah dalam satu paket, itu wajar. Kalau menemukan hal seperti ini, pemerintah desa, warga penerima bisa langsung konfirmasi ke desa dan desa ke pihak pendamping. Agar telur ataupun minyak goreng dan lainnya bisa langsung diganti,” ujarnya.

“Intinya, paket ini pasti diberikan lengkap. Tidak mungkin terpisah. Di lapangan kadang ada miskomunikasi. Maka itu, perlu koordinasi antara petugas dan pemerintah di desa. Tidak perlu bereaksi berlebihan, apalagi buru buru menolak. Intinya disampaikan saja,” pintanya.

Pemprov NTB menurut Najam, berterimakasih atas kerjasama para kepala desa, Kapolsek, Danramil, camat, bupati, walikota bahkan Bahbinsa dan bhabinkamtibmas. Koordinasi dan sinergi tetap diperlukan Pemprov dengan TNI dan Polri kita.

Najamuddin menegaskan, di masa pandemi ini tentu banyak energi dan perhatian yang terkuras. Untuk itulah, menurutnya, bantuan para pihak khususnya kepala desa sangat diperlukan.

“Kita fokus menyalurkan bantuan secepatnya, untuk membantu masyarakat kita. Kita tidak perlu berdebat dan membuang energi pada hal hal yang bisa dikoordinasikan dengan baik,” ujarnya.

Kepada media massa, Najamuddin atas nama Pemprov NTB berterimakasih atas dukungan dan dedikasinya memberikan informasi yang berimbang demi mendukung pelaksanaan tugas tugas pemerintah, serta memberikan edukasi informasi kepada masyarakat. (r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bang Zul Minta Bupati-Walikota Tegas

Read Next

Penyaluran JPS Gemilang, Desa Titik Awal Distribusi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *