KLU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara melalui Dinas Kominfo mulai mempersiapkan portal satu data untuk diberlakukan tahun ini. Dimana data pembangunan dan perkembangan daerah yang berasal dari sejumlah perangkat daerah akan dimasukan dalam portal tersebut.

“Hal ini sebagai upaya integrasi data dengan pusat. Disamping itu dalam rangka membuka keterbukaan informasi bagi publik,” ungkap Kabid Persandian Diskominfo Lombok Utara, Suryadin, belum lama ini.

Ia menerangkan pembangunan portal ini sudah dilakukan saat ini dan sedang dalam tahap penyempurnaan dipastikan hal ini akan mulai berlaku tahun ini.

Data-data yang dimasukan nantinya bersumber dari perangkat daerah selaku produsen data. Jenis data yang dimasukkan berupa data statistik sektoral, misalnya dukcapil yang memiliki data terkait administrasi kependudukan, dinas PUPR yang memiliki data terkait jalan mantap capaian pembangunan infrastruktur dan sebagainya.

“Data itu nanti dientri dan ditayangkan dalam portal satu data tersebut,” tuturnya.

Untuk perangkat daerah nantinya akan diberikan user dalam memasukkan data yang ingin diekspose, nantinya Kominfo sebagai wali data akan melakukan verifikasi dan validasi sebelum ditayangkan.

“Nama webnya satudata.lombokutarakab.co.id, masyarakat bisa mengakses jika ingin mengetahui informasi dan perkembangan daerah karena nanti disana perangkat daerah menyampaikan perkembangan kinerja dan pembangunan yang telah berjalan,” tuturnya.

“Ini merupakan perintah UU beberapa kabupaten lain juga sudah melaksanakan ini,” imbuhnya.(dhe)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 305

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *