Pembobol Konter HP di Lotim Diciduk

F MERINGKUK scaled

IST / RADAR MANDALIKA MERINGKUK : Pembobol konter Dita Cell inisial SB, yang berhasil diungkap tim Puma Polres Lotim, dari tempat persembunyiannya dan tanpa perlawanan, (6/1) lalu.

LOTIM – Pelaku pembobol konter handphone (HP) Dita Cell, berhasil diungkap tim Puma Polres Lombok Timur (Lotim). Pelaku dalam aksinya, memarkirkan sepeda motor miliknya di depan Alfamart, tidak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Pelaku tersebut inisial SB, 37 tahun asal Kabupaten Lombok Tengah. Kasus ini terungkap dan menangkap pelaku pada (6/1) lalu, setelah melakukan penyelidikan dan petunjuk rekaman Closed Circuit Television (CCTV) TKP dan sekitar TKP.

Modus aksi pelaku, pelaku mendatangi TKP menggunakan sepeda motor miliknya. Kendaraan tersebut diparkir di depan Alfamart, hanya berjarak sekitar 15 meter dari TKP. Setelah itu, pelaku berjalan ke TKP, beraksi dari belakang konter yang berdekatan dengan musala. Pelaku merusak jendela konter korban.

Begitu berhasil membuka jendela konter dan masuk, pelaku mengetahui di dalam konter tersebut terpasang CCTV. Sehingga dari dalam kamar konter itu diambil sorban, digunakan menutup wajah. Dalam rekaman CCTV yang beredar luas di media sosial (medsos) Facebook itu, pelaku mengenakan baju kaos, sandal slop dan sempat memperbaiki sorban yang digunakan menutup muka. Di sana, pelaku langsung mengobrak abrik isi konter dan laci tempat korban menyimpan uang.

Pelaku berhasil mengasak uang tunai korban sekitar Rp 40 juta dan lima unit HP berbagai merek. Usai melakukan aksinya, pelaku dengan santai keluar dari jendela yang dibobolnya. Sembari pergi meninggalkan TKP, handphone hasil kejahatan dimasukkan dalam bajunya.

Dasar laporan korban dan berbekal petunjuk hasil rekaman CCTV di TKP mau pun sekitar TKP, tim Puma Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Lotim, mendapatkan petunjuk. Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, tim puma kemudian berhasil membekuk pelaku, lengkap dengan barang buktinya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku, sepeda motor digunakan beraksi, lima buah handphone merek Samsung, Xiomi, dan Realmi, sorban digunakan menutup wajah, sandal, kaos hitam, satu buah helm, dan uang tunai Rp 500 ribu sisa dari Rp 40 juta uang tunai yang diambil dari dalam laci konter korban.

Kapolres Lotim, melalui Kasubbag Humas, IPTU Lalu Jaharudin, mengatakan, tertangkapnya pelaku pembobol konter Hp tersebut, tidak lepas dari kerja keras semua pihak, dalam mengungkap kasus tersebut. Saat ini, pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polres Lotim, untuk dilakukan pengembangan lebih jauh.

“Pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum. Ancamannya di atas 7 tahun penjara,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada. Jangan sampai, terdapat ruang pelaku melancarkan aksinya, baik di rumah, di jalanan atau tempat lainnya. “Mari bersama-sama menjaga kamtibmas, karena ini menjadi tanggungjawab kita bersama,” imbaunya. (fa’i/r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Aparat Bongkar Arena judi Sabung Ayam

Read Next

BIZAM Mesti Berbenah Sambut MotoGP

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *