MATARAM-Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut begitu besyukur PDI Perjuangan memiliki kader terbaik seperti Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H Rachmat Hidayat.

Memiliki rekam jejak yang sudah sangat panjang dalam berjuang demi rakyat bersama PDI Perjuangan, Ganjar menyebut Rachmat sebagai figur dan tokoh langka di Partai Banteng Moncong Putih.

Hal itu dikemukakan Ganjar saat memberikan sambutan di hadapan para tokoh, alim ulama, dan para kader dan relawan Ganjar-Mahfud, saat menggelar konsolidasi di Mataram, Ahad (3/12/2023).

”Beliau sudah delapan periode menjadi Wakil Rakyat dan Anggota DPR. Beliau tidak hanya menguasai dan mengetahui jalan terang benderang, tapi juga mengetahui jalan tikus,” kata Ganjar yang disambut gelak tawa para hadirin.

Sepanjang hari kemarin, Ganjar memang menggelar kampanye di Pulau Seribu Masjid setelah sebelumnya berkampanye di ujung timur Pulau Sumbawa. Konsolidasi kader dan relawan tersebut digelar usai Ganjar menyapa warga di arena Car Free Day di Jalan Udayana, salah satu jalan utama di pusat Kota Mataram.

Saat didaulat memberi sambutan dan menyemangati para kader dan relawan, Ganjar kemudian menyapa tokoh-tokoh yang ada di panggung utama. Selain Rachmat Hidayat, di sana ada Ketua Harian DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi, Wakil Gubernur NTB Periode 2019-2023 Hj Sitti Rohmi Djalilah, dan Ketua DPW PPP NTB H Muzihir yang juga Wakil Ketua DPRD NTB.

Dalam kesempatan itu, Ganjar yang satu partai dengan Rachmat pun bercerita bahwa di PDI Perjuangan, Anggota Komisi VIII DPR RI tersebut adalah tokoh partai yang berjuang semenjak awal semenjak berdirinya PDI Perjuangan bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Hj Megawati Soekarnoputri. Kini, tokoh-tokoh awal pejuang sejati partai itu sudah hitungan jari, sebab sebagian sudah dipanggil Yang Maha Kuasa. Di antara yang tersisa adalah Rachmat Hidayat dan juga mantan Wali Kota Solo, FX Hady Rudyatmo.

”Saya mau cerita saja. Beliau Pak Rachmat ini berjuang pahit dan manis bersama partai kami. Tokoh seperti beliau ini tinggal sedikit. Maka beliau, salah seorang yang oleh kader lainnya nggak berani dimarahi. Kami takut kualat,” kata Ganjar yang kali ini disambut tepuk gemuruh dari para hadirin.

Di PDI Perjuangan, Rachmat Hidayat memang politisi lintas zaman. Sejarah mencatat, politisi kharismatik Bumi Gora ini memang selalu berada di garis depan membela partai, terutama di masa-masa pemerintahan Orde Baru yang dikenal sangat represif terhadap lawan politik.

Jangan Lengah pada Teknis Pemilu

Kembali ke konsolidasi relawan dan kader, dalam kesempatan itu, ganjar pun menyampaikan sejumlah hal. Ganjar menekankan pentingnya edukasi untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu serta menjaring aspirasi-aspirasi di tingkat akar rumput. Menurut Ganjar, edukasi terkait teknis pemilu kepada masyarakat, khususnya milenial dan Gen Z penting dilakukan. Sebab, suara mereka mendominasi sebagai pemilih pada pemilu 2024.

“Partai-partai, caleg-caleg tadi kumpul kami berikan dua hal yang pertama jangan lengah pada teknis pemilu karena masyarakat butuh pelatihan untuk bisa mencoblos, ini saya ingatkan pada kawan-kawan karena di beberapa titik mereka ada pemilih pemula dan kemudian besok itu kertasnya cukup banyak, ini saya ingatkan teknis Pemilu,” kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, mengingatkan kepada elemen pendukung serta para caleg untuk meningkatkan konsolidasi akar rumput secara humanis menjaring problematika yang dirasakan masyarakat di berbagai daerah. Dia juga mengajak seluruh relawan untuk bersama majukan Indonesia dari berbagai sektor serta mewujudkan demokrasi yang baik dan anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Yang kedua, ada berkaitan tentang substansi terkait program ada dua hal, satu program visi misi dari capres cawapres Ganjar Mahfud sudah ada, tinggal dijelaskan. Namun demikian seringkali muncul problem-problem lokal yang musti diakomodasi maka saya mintakan kawan-kawan untuk mendengarkan suara rakyat,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Koordinator Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, TGB HM Zainul Majdi juga pada kesempatan tersebut memberikan sejumlah pesan kepada relawan Ganjar-Mahfud di NTB.

“Seluruh tim dan relawan harus bersyukur dapat mengusung pasangan Ganjar-Mahfud yang merupakan capres-cawapres yang akan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik,” katanya.

“Kita semua berbahagia karena kita mengusung orang baik, yang Insya Allah akan mampu memperbaiki Indonesia menjadi lebih baik lagi,” sambung TGB sembari meminta seluruh tim dan relawan Ganjar-Mahfud di NTB agar tetap fokus untuk memenangkan paslon nomor urut 3 tersebut pada 14 Februari 2024 nanti.

Selain itu, mantan Gubernur NTB ini juga mengintruksikan kepada seluruh tim dan relawan untuk pulang ke tempat masing-masing dan mengajak keluarga serta sahabat untuk bersama-sama memilih Ganjar-Mahfud.

“Sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa semua calon-calon ini adalah putra terbaik bangsa, tapi dari yang terbaik itu ada yang terbaik, yaitu Ganjar-Mahfud. Yang InsyaAllah akan sesuai yang saudara harapkan,” tandasnya.(*)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 114

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *