MATARAM – Pilwali Kota Mataram 2024 tinggal menghitung bulan. Sejumlah parpol sudah mulai memanaskan mesinnya selepas Pilpres dan Pileg 2024 selesai.

Salah satunya adalah PDI Perjuangan (PDIP) yang telah memberi isyarat akan membuka pendaftaran untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2024-2029 yang rencananya bakal digelar pada November 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Mataram Made Slamet, mengatakan bahwa tahapan-tahapan di PDIP sudah jelas dan salah satu perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) hal itu wajib dilaksanakan juga oleh seluruh DPC se-Indonesia yang melaksanakan pilkada.

“Bahwa partai atau pun PDIP di tingkatan masing-masing melakukan penjaringan, sesuai dengan mekanisme yang ada. Jadi, termasuk Kota Mataram, hari ini mulai melakukan tahapan itu untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa, khususnya putra-putri terbaik Kota Mataram untuk ikut di dalam mekanisme penjaringan ini,” ujar Made Ahad  (31/03) di Mataram.

Perekrutan yang dimulai pada hari ini hingga Agustus 2024 mendatang, kata Made, terbuka untuk umum dan berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI), berideologi Pancasila, dan mempunyai tujuan yang sama dengan PDIP, yakni membangun Kota Mataram.

“Saat ini, kami membuka peluang untuk wali kota dan wakil wali kota, jadi kami tidak membatasi. Saat ini, PDIP memiliki lima kursi, sehingga butuh tiga kursi untuk bisa kembali mencalonkan paket calon wali kota dan wakil wali kota,” ungkap Made.

Menurut Anggota DPRD NTB terpilih untuk dapil Kota Mataram ini, pihaknya memastikan bahwa setiap warga Kota Mataram yang berminat menggunakan kendaraan PDIP untuk mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan wakil wali kota harus datang ke kantor DPC PDIP setempat dengan mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh tim penjaringan yang sudah dibentuk DPC PDIP setempat.

“Yang pasti, tim penjaringan calon wali kota dan wakil wali kota Mataram yang sudah ditunjuk dalam rapat harian diketuai oleh Gede Wiska dengan Sekretaris Nyanyu Ernawati dan Bendahara Wayan Wardana. Nantinya, ada petugas yang kami siapkan untuk standby menerima pendaftaran tersebut,” kata Made..

Ketika disinggung soal arah koalisi, Made menegaskan, PDIP siap membuka diri dengan partai manapun.

“Mereka yang mencalonkan diri, tentunya harus melalui mekanisme yang ada. Nah, tentunya calon-calon yang mendaftar nanti akan melalui fit and proper test, yang akan dilakukan oleh internal partai. Setelah lolos penjaringan, hasilnya dilaporkan ke DPP dan DPD nanti akan diundang oleh partai untuk melakukan fit and proper test, tentunya mekanisme itu sudah diatur oleh partai,” jelas Made.

Lebih lanjut dikatannya, pihaknya tidak mempunyai syarat khusus pada partai lain yang ingin berkoalisi dengan PDIP.

“Tidak ada, yang pasti adalah kami harus betul-betul memiliki pandangan dan ideologi yang sama tentang bagaimana membangun Kota Mataram yang jauh lebih baik.  PDIP dari dulu tidak ada yang namanya mahar politik,” pungkasnya. (jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 153

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *