Mandalika Siap Dikunjungi Wisman

F Tenun

IST/RADAR MANDALIKA COBA: Koordinator Bidang Jejaring dan Kapasitas di Direktorat MICE Kemenparekraf, Titik Lestasi terlihat belajar menenun di Puyung.

Prokes CHSE Ketat Dijalankan

MATARAM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemnparekraf) menegaskan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi super prioritas sudah siap dikunjungi wisman baik domestik maupun Internasional. Hal itu diilihatnya saat melakukan simulasi penerapan CHSE pada obyek wisata yang salah satunya di KEK Mandalika.

“Kita lihat ini di dua obyek yang sudah kita lihat (salah satunya Mandalika) ternyata memang masyarakatnya sudah menyiapakn protokol Kesehata (Prokes) CHSE,” ungkap Koordinator Bidang Jejaring dan Kapasitas di Direktorat MICE Kemenparekraf, Titik Lestasi ditemui media saat melakukan sosialisasi dan simulasi CHSE di Mandalika Kuta Pujut Lombok Tengah, kemarin.

“Ini artinya Mandalika sudah sangat siap dikunjungi calon wisatawan,” tambahnya.

Titik mengatakan sebagai salah satu super Prioritas Mandalika pihaknya harus betul betul memastikan kesiapan CHSE nya. CHSE adalah penerapan Prokes yang berbasis pada Cleaness/ kebersihan, Health/kesehatan, Safty/keamanan dan Environment Sustainability/Kelestarisan lingkungan. Dijelsakannya mengapa sangat penting sosialisi CHSE itu agar masyarakat dan semua pihak tahu bahwa satu destinasi sangat penting untuk meyanikkan calon wisaman untuk datang terutama ke  Mandalika. Apalagi di Mandalika akan berlangsung Koferensi Internasional. Untuk itu Kemenparekraft harus memastikan pelaksaan CHSE ini dengan baik.

“Kita kesni dalam rangka mensimuilasikan hasil CHSE yang kemarin sudah kita sosiaslikasn kepada industri, media, Pemda dan asosiasi,”katanya.

Sebelum ke Mandalika simulasi itu dilakukan dengan mengunjungi sejumlah obyek wisata mulai dari Desa Wisata Gerabah Banyumelek Kediri Lobar, lalu ke Desa Wisata Tenun Sukarara Puyung. Selain ke Mandalika pihaknya juga mengunjungi  Tanjung An hingga ke Bukit Merese yang adai di Pujut Lombok Tengah.

“evaluasi kami desa wisata Banyumulek dan Sukarare sudah kita kunjungi, mereka juga sudah sangat siap dengan Prokes.  Mereka sudah dapat edukasi selain daeri kemeparekraft juga dari dinas Pariwisata setempat,” pungkasnya.

Dalam simulasi itu Kementerian memperagakan memasuki satu destinasi dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan hingga memberikan edukasi kepada industri dan masyarakat setempat agar Prokes selalu dijalankan dengan baik. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Distambun Silakan APH Investigasi

Read Next

Gong Praje Sasak Sorot Proyek Bypass BIL-Kuta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *