Maling, Tiga Sekawan Ditangkap

Pencurian

HUMAS/RADAR MANDALIKA TANGKAP: Tiga warga Kota Mataram (baju tahanan) diamankan di Mapolresta Mataram, kemarin.

MATARAM – Nasib apes menimpa tiga sekawan karena harus berurusan dengan aparat kepolisian. Masing-masing berinisial HMP (24 tahun), UA (26 tahun) dan HER (32 tahun). Ketiganya diketahui warga Lingkungan Geguntur Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. 

Mereka ditangkap Tim Resmob Satreskrim Polresta Mataram saat nyolong pipa besi banner di Jalan Tuan Guru Bangkol, Lingkungan Dasan Tinggi, Kelurahan Pagesangan Timur, Kota Mataram, Senin (3/2) dini hari. Mereka diduga pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat). Ketiganya ditangkap karena diduga mencuri 21 batang vertical banner besi pipa Galvanis 2 inch dengan panjang 480 sentimeter. 

“Ketiganya kita tangkap Senin dini hari (3/2) sekitar pukul 03.00 wita. Ketiganya tertangkap tangan saat beraksi,” ungkap Wakasat Satreskrim Polresta Mataram, AKP Putu Bujangga, usai konferensi pers di Mapolresta Mataram, kemarin (7/2).

Dia menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Bahwa, ketiga pelaku datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jalan Tuan Guru Bangkol, Lingkungan Dasan Tinggi, Kelurahan Pagesangan Timur, Kota Mataram. Dengan menggunakan mobil pikap berwarna putih. Tanpa berpikir panjang mereka langsung mengambil barang milik korban.

Adapun barang yang dicuri. Yaitu, sebanyak 21 batang vertical banner besi pipa Galvanis 21 inch. Pipa ini terpasang di pinggir jalan. Dengan mudah pelaku mencabut 21 batang banner besi milik korban tersebut. Setelah itu, pelaku bergegas dengan membawa hasil curiannya menggunakan mobil yang sudah disiapkan. “Korban mengalami kerugian sekitar Rp 5,5 juta,” sebut Bujangga.

Karena mendapat informasi saat pelaku sedang melancarkan aksi pencurian, Personel Satreskrim Polresta Mataram langsung bergegas ke lokasi. Di lokasi tersebut, tiga sekawan itu kedapatan sedang mencabut pipa besi di pinggir jalan. Lalau ketiganya langsung ditangkap tanpa perlawanan oleh petugas. “Besi ini terpasang di wilayah Mataram dan Lingsar. Mobil yang digunakan untuk mengangkut barang curiannya juga kita amankan di Mapolresta Mataram. Kita juga sedang lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tutur Bujangga.

Setelah tertangkap, di depan petugas, ketiganya mengakui perbuatannya tersebut. Pipa besi yang hendak dicuri itu dengan tujuan untuk dijual. Saat di Mapolresta Mataram, ketiganya hanya berdiam. Enggan memberikan banyak keterangan kepada awak media. Ketiganya hanya menundukkan wajah. “Besinya mau dijual,” ungkap salah seorang pelaku.

Mereka beserta barang bukti kini diamankan di Mapolresta Mataram. Untuk keperluan pemeriksaan lebih panjut. Atas perbuatannya itu, mereka terancam dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Identitas Mayat Belum Diketahui, Yang Beredar di Medsos Hoax

Read Next

Masker Habis, Kadikes NTB Minta Jangan Panik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *