Lobar, Longsor Empat Rumah Rusak

F LONGSOR

IST/RADAR MANDALIKA RUSAK: Beginilah kondisi longsor yang merusak rumah warga di Dusun Karsang Taliwang, Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada, Jumat (4/12) lalu.

LOBAR—Longsor menerjang pemukiman warga di Dusun Karsang Taliwang, Desa Dasan Tereng Kecamatan Narmada, Jumat (4/12) lalu. Sebanyak empat unit rumah rusak akibat longsor yang disebabkan tingginya intensitas hujan sehingga membuat talud penahan rumah jebol.

Plt Camat Narmada, M Busyairi, menerangkan jika longsor terjadi pada pukul 13.00 Wita ba’da salat Jumat. “Longsor itu mengakibatkan empat rumah rusak sedang dan satu rumah terancam longsor susulan,” jelas Busyairi, kemarin.

Menurutnya, lokasi kejadian itu memang diketahui rawan longsor. Lantaran terletak pada ketinggian 10 meter lebih di kemiringan lereng. Selain itu panjang talud itu hanya sekitar 16 meter lebih.

Ia mengkhawatirkan terjadinya longsor susulan jika hujan lebat kembali melanda. Pasalnya dari hasil pemeriksaan terdapat sekitar 10 rumah yang terancam terdampak longsor, jika tak segera ditangani lebih lanjut. “Lima rumah di bagian atas, tiga rumah bagian bawah dan dua rumah di bagian bawahnya lagi,” ungkapnya.

Penanganan sementara sudah mulai dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Seperti mendirikan tenda yang dibutuhkan masyarakat. Kasi Logistik BPBD Lobar, Tohri mengatakan, bantuan kepada korban terdampak bencana sudah diberikan. Dantaranya, terpal ukuran 8×9 meter persegi sebanyak tiga lembar, terpal 4×8 meter persegi sebanyak empat lembar, tikar blangket empat lembar, tikar matras sebanyak empat lembar, selimut delapan lembar, paket sandang tiga paket dan mie instan empat kardus.

Ia menyebut terdapat empat rumah warga terdampak dan satu unit rawan terdampak. Beberapa rumah di sekitar lokasi juga terancam terkena longsor, karena sudah terjadi retakan longsor. Sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya korban jiwa jika ada bencana longsor susulan, pihaknya sudah meminta warga segera mengungsi ketika terjadi hujan.

“Kami juga meminta agar lokasi longsor itu ditutup terpal sementara waktu, supaya tidak terkikis mencegah longsor,” jelasnya.

Tim teknis sudah turun ke lokasi melakukan kajian untuk menentukan penanganan jangka panjang. Nantinya laporan itu akan disampaikan kepada kepala daerah. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Minta Pelaku Dihukum Berat

Read Next

Nasih, IRT yang Diserang Tumor Ganas Belasan Tahun di Perutnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *