PRAYA – Pemerintah Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara (BKU) bekerjasama dengan PT Espay Debit Indonesia Koe dalam menyosialisasikan aplikasi DANA yang merupakan layanan dompet digit bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kepala Desa Lantan, Erwandi mengatakan, DANA merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan proses pembayaran atau transaksi keuangan.

“DANA bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja melakukan upaya pendampingan. Dalam hal ini ada upaya kerjasama dengan pemerintah desa, yang dalam hal ini Desa A dipilih sebagai Desa non tunai,” kata Erwandi.

Sekretaris Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Batukliang Utara ini menambahkan, bagaimana nanti DANA akan melakukan usaha-usaha untuk membangun sinergi dalam hal transaksi keuangan kepada masyarakat Desa Lantan.

Alasan utama desa yang dipimpinnya saat ini dipilih, karena Desa Lantan adalah Desa DC migratif Desa buruh migran produktif yang ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

“Ke depannya, PMI (dulu disebut TKI/TKW) yang ada di Desa Lantan dalam upaya transaksi baik itu mengirim uang, diharapkan melalui transaksi DANA begitu juga transaksi-transaksi keuangan yang lainnya. Di desa Lantan hampir 80 persen warga desa kami menjadi PMI,” jelasnya. (fiz)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 392

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *