MATARAN – Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB melakukan monitoring dan evaluasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) pada Rabu (24/4).
Tim dari Kanwil Kemenkumham NTB dipimpin Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian Gusti Made Ayu Widnyani.
Selain mengecek konter imigrasi beserta fasilitas serta petugas yang ada, Gusti Made Ayu Widnyani juga memberikan beberapa arahan kepada petugas. Ia meminta seluruh petugas untuk teliti dalam melakukan pemeriksaan dan paham betul atas tugas dan fungsi yang dijalankan.
Tim juga mengecek proses pelayanan Visa Kunjungan Saat Kedatangan/Visa on Arrival (VOA). Dari monitoring dan evaluasi tersebut sarana dan prasarana untuk pemeriksaan keimigrasian dalam kondisi prima dan bisa digunakan dengan baik. Petugas juga menjalankan fungsi sesuai arahan dari pimpinan. Proses pemeriksaan keimigrasian berjalan lancar dan antrean tidak begitu panjang karena seluruh petugas stand by di konter pemeriksaan.
Terpisah, Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan meminta seluruh petugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat melakukan pemeriksaan keimigrasian.
“Tetap teliti dan lakukan pemeriksaan keimigrasian WNI dan WNA sesuai SOP,” ujar Parlindungan.
Menkumham Yasonna H Laoly dalam sejumlah kesempatan menekankan agar jajaran keimigrasian memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Ditjen Imigrasi, kata Yasonna, pada tahun ini menggelorakan transformasi peran keimigrasian melalui strategi digitalisasi. Ini sebagai langkah progresif untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan kepada masyarakat.
Perlu diketahui bahwa BIZAM merupakan bandara internasional di Pulau Lombok yang menjadi pintu masuk kedatangan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. BIZAM membuka dua slot penerbangan internasional dengan rute Kuala Lumpur (KL) Malaysia-Lombok dan Singapura-Lombok.(*)