KPU Belum Terima Soal Gugatan

F L Darmawan

BUYUNG/RADAR MANDALIKA L Darmawan

PRAYA – Sampai dengan saat ini, komisi pemilihan umum (KPU) Lombok Tengah (Loteng) belum menerima informasi ada tidaknya paslon yang melayangkan gugatan atas hasil rekapitulasi penghitungan suara hasil Pilkada kemarin.

  Ketua KPU Loteng, L Darmawan mengatakan, kaitan gugatan maupun sengketa sampai saat ini KPU belum menerima informasi dari KPU RI. Dia menyebutkan, setelah penetapan hasil tanggal 17 kemarin sisa masa tahapan pengajuan gugatan tinggal dua hari lagi, terhitung saat hari penetapan.

 “Hari Sabtu dan  Minggu kita hitung libur, artinya Senin ini kita mulai hari lanjutan setelah penetapan hasil kemarin,” katanya, kemarin.

Darmawan menjelaskan, jika ada gugatan maupun sengketa nantinya pihaknya akan mengikuti jadwal sengketa yang ada di Mahkamah Konstitusi (MK) sebelum penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilakukan. Katanya, jika tidak ada gugatan maupun sengketa. penetapan pemenang paling lama dilakukan lima hari saat setelah MK mengeluarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang diterima oleh KPU RI.

Kemudian saat itu, setelah MK nantinya mengeluarkan BRPK kemudian penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilakukan lima hari saat setelah BRPK tersebut diterima KPU Loteng. Sementara, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui pasti kapan ada diterima.

“Kita belum dapat info kaitan kapan keluarnya, nanti kita tunggu dari MK,” jawabnya.

Dia melanjutkan, lima hari saat setelah BRPK diterima, nantinya KPU Loteng akan melakukan persiapan tempat penetapan, alat, undangan dan kelengkapan lainnya. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan laporan administrasi kaitan dengan hasil seluruh pelaksanaan pilkada dari awal tahapan hingga selesai. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bentuk Tim PAKET

Read Next

Lalu Wirakse Resmi Duduki Kursi DPRD Loteng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *