Konferkab III PWI Sumbawa Digelar Hari Ini

IMG 20210531 WA0028

SUMBAWA BESAR – Konferensi Kabupaten (Konferkab) ke III Sumbawa yang digelar Senin (31/5) diharapkan mampu memberikan edukasi kepada pekerja-pekerja pers.

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, SPd, MPd saat membuka Konferkab III PWI Sumbawa mengingatkan kepada insan pers untuk lebih memperhatikan kode etik jurnalistik dan berpatokan pada kaidah-kaidah jurnalistik profesionalisme.

“Peran wartawan sangat berpengaruh besar khususnya ditanah Intan Bulaeng ini terutama yang bersinergi dengan pemerintah,” jelas Wabup Sumbawa Dewi Noviany, Senin (31/5).

Wabup Sumbawa juga mengajak insan pers memupuk kesadaran dan berkomitmen sesuai dengan kode etik jurnalistik. Lebih dari itu, ia mengharapkan ada integritas dan citra yang semakin membaik dari wartawan.

“Wartawan bisa menyuguhkan informasi yang mendidik. PWI bisa menjadi wadah informasi bagi semua pihak,” ujarnya.

Bahkan yang paling utama kata dia eksistensi PWI Sumbawa dapat dijadikan perekat dan pemersatu terhadap semua elemen.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PWI NTB H. Abdus Syukur mengajak pemerintah untuk tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan insan pers.
Lebih jauh dikatakan H. Syukur, dalam konferkab III PWI Sumbawa ada regenerasi yang lebih baik.

“PWI NTB tidak pernah mempersulit anggotanya. Kita inginkan ada regenerasi. Tetapi harus berpedoman pada AD/ART. Kalau tidak ada yg hormati AD/ART. Lalu siapa?,” ujar H. Syukur yang juga Ketua SMSI NTB itu.

Dalam perjalanannya, keanggotaan PWI Sumbawa sesuai dengan pelaksanaan konferkab ini mampu membawa perubahan. Namun harus berjalan sesuai aturan.

“Ada hal-hal yang otokritik. Wartawan itu harus profesional. Profesional itu ditunjukkan dengan legalitas diri. Misalnya kartu keanggotaan PWI dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Wartawan yang sudah melaksanakan UKW memberikan jaminan bahwa mereka qualified,” tandas H. Syukur.

Dalam Konferkab III PWI Sumbawa dihadiri sejumlah kepala OPD dan perwakilan PWI NTB dan SMSI Lombok Timur. (wr-di)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

BPK Temukan Kerugian Negara Dipengelolaan BOS

Read Next

Pengurus IKA Unram Luar NTB Keluar Barisan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *