EVAKUASI: Masyarakat bersama kepolisian saat mengevakuasi jenasah IRT Mu'inah ke rumah duka di Dusun Tibu Lingkung Desa Jakem Timur Kecamatan Lembar, Jumat (6/1/2023). (IST/RADAR MANDALIKA)

LOBAR – Pohon tumbang kembali merenggut nyawa di Lombok Barat (Lobar). Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Desa Jembatan Kembar Timur Kecamatan Lembar, meninggal seketika tertimpa pohon besar di Jalan Dusun setempat, Jumat (6/1/2023) pagi.

Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta yang dikonfirmasi membenarkan kejadian itu terjadi sekitar pukul 07.00 wita ketika cuaca ekstrem melanda Lembar sekitarnya. “Pohon Tumbang di Wilayah Hukum Polsek Lembar terpantau terjadi di tiga titik, yang salah satunya mengakibatkan satu korban meninggal dunia terjadi di Jalan Rabat Dusun Al Abror Desa Jembatan Kembar (Jakem) Timur,” terang nya.

Suriarta menjelaskan kronologi kejadian pohon tumbang itu. Saat itu korban Mu’inah hendak berangkat menuju pasar dari kediamannya di Dusun Tibu Lingkung Desa Jakem Timur. Namun diperjalanan ibu berusia 46 tahun itu tiba-tiba tertimpa pohon aren di jalan yang menuju pasar di Dusun Al Abror desa setempat.

“Mengakibatkan korban meninggal dunia di tempat dan keluarga korban langsung membawanya ke rumah duka. Dari pihak keluarga menerima dengan ikhlas atas kejadian tersebut dan menganggapnya sebagai musibah,” jelas Kapolsek Lembar.

Selain di dusun itu, pohon tumbang juga terjadi di Dusun Gunung Sari Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar yang menimpa salah satu rumah warga. Syukurnya kejadian di lokasi itu tak menimbulkan korban jiwa.

“Menimpa pekarangan rumah Junaidi dan menghalangi akses jalan Dusun. Untuk saat ini sudah dilakukan pemotongan oleh personil Polres Lombok Barat dan Polsek Lembar,” terangnya.

Sedangkan satu pohon tumbang lainya terjadi di Jalan Raya Yos Sudarso (Lintas Gerung-Lembar), Dusun Bawak Bunut Desa Jembatan Gantung. Menurutnya jajaran Polres dan Polsek sudah langsung mendatangi tempat kejadian untuk melakukan pemotongan pohon.
“Jajaran langsung melakukan penanganan melalui pemotongan pohon dan melakukan pengaturan arus lalulintas,” ujarnya.

Ia menambahkan terkait penanganannya, selain memfokuskan terhadap kelancaran arus lalulintas, juga terkait dengan keselamatan warga yang melintas.

Sementara itu, Kasat Samapta Polres Lobar, AKP Bambang Indrat Sugianto, mengkonfirmasi bahwa, saat ini jajarannya telah melakukan pembersihan. “Menurunkan anggota Patroli dan Dalmas Pleton III Sat Samapta Polres Lobar, beserta peralatannya berupa chainsaw. Untuk melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut,” ungkapnya.

Terpisah Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar, H Hartono Ahmad yang dikonfirmasi terkait upaya perampingan pohon di ruas jalan mengaku untuk kawasan Lembar sudah dilaksanakan akhir tahun lalu. “Dulu akhir tahun sudah dilaksanakan bersama Perkim, BPBD, PLN, Polpp, TNI, Polri dan DLH. Akhir tahun juga sudah digelar rapat bersama juga untuk perantingan tahun ini, dan pelaksanaannya kita tunggu Dinas Perkim,” singkatnya. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 345

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *