MATARAM – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah didampingi oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra meresmikan Gedung IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB, Sabtu (24/12/2022).

Gubernur memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh RSUD Provinsi NTB, salah satunya dalam menghadirkan layanan fasilitas IGD Terpadu dan Trauma Center yang menjadi pemicu semangat dalam mewujudkan RSUD NTB untuk menjadi Rumah Sakit Rujukan di Indonesia Timur.

“Hari ini menjadi saksi sejarah bahwa kita,  meresmikan satu bangunan yang akan jadi pemicu awal semangat kita untuk berbuat lebih baik lagi dan akan menjadikan Rumah Sakit terbaik yang akan jadi rujukan di Indonesia Timur,” tutur gubernur

Provinsi NTB sebagai salah satu daerah yang menyelenggarakan berbagai event nasional dan internasional sudah menjadi syarat untuk dapat menyediakan Rumah Sakit kelas dunia.

“Salah satu satu syarat adanya event Internasional maka harus memiliki Rumah Sakit kelas dunia, ini adalah tuntutan kita akan menjadi host dalam global event tahun depan banyak sekali, Rumah Sakit bertaraf internasional sehingga para atlet dunia yang datang ke tempat kita secara sikologis merasa nyaman,” tuturnya.

IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB didesain untuk menunjang kegiatan internasional, seperti event WSBK, MotoGP, MX GP, Iron Man dan lain sebagainya. Dengan fasilitas helipad yang terintegrasi dan ruang perawatan khusus yang disiapkan sebagai ruang penerimaan atlet internasional.

Sehingga, apabila dibutuhkan penanganan medis ketika berlangsungnya event, semuanya terintegrasi dengan sarana diagnostik, ruang intensif dan kamar operasi yang semuanya berada dalam satu gedung terpadu.

Dirut RSUD Provinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra alias dokter Jack menjelaskan kehadiran Gedung IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB menjadi pelayanan rujukan reguler, juga memberikan nilai tambah untuk event- event Internasional.

“Alhamdulillah, gedung ini yang kita nantikan akan memberikan nilai tambah untuk event – event Internasional, Insya Allah bulan Maret WSBK sudah bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan bahwa Provinsi NTB diusia yang ke – 64 tahun, mendapatkan kado terindah yaitu pelaksanaan Operasi Bedah jantung terbuka di RSUD Provinsi NTB.

“Alhamdulillah, tadi bapak Gubernur sudah menjenguk pasien, dari 11 pasien sebanyak 2 pasien sudah dioperasi, Insya Allah 9 lagi akan dioperasi pada bulan berikutnya,” jelas dokter Jack.

IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB juga mampu menangani kasus trauma secara lebih baik karena terintegrasi dengan sarana diagnostik, seperti Radiologi, CT scan dan MRI, ruang intensif, kamar operasi yang semua berada dalam 1 gedung.

“Demikian juga jika adanya rujukan atau keperluan rujuk cepat RSUP sudah memiliki kemampuan mentransfer pasien apapun karena sudah dilengkapi 4 ambulan berstandar ICU dan IGD baru sudah dilengkapi dengan helipad yang memungkinkan dilakukanya evakuasi udara,” jelasnya.

Selain itu, IGD baru juga memiliki design penanganan ibu dan anak yang terintegrasi dalam 1 gedung sehingga diharapkan dapat menekan kasus kematian ibu dan anak. RSUP NTB memiliki 112 spesialis dan 32 sub spesialis dengan IGD terpadu ini diharapkan layanan akan menjadi lebih baik. (jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 348

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *