Covid-19, UIN Mataram Tidak Tarik Mahasiswa KKN

F AA mahasiswa UIN

ARIF/RADARMANDALIKA.ID SOSIALISASI: Seorang mahasiswa UIN Mataram menyemprotkan hand sanitizer kepada seorang mahasiswa.

MATARAM – Pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram belum menarik mahasiswa yang sedang melakukan KKN di tengah diberlakukannya PPKM.
Ketua Panitia Pelaksana KKN UIN Mataram, Muhammad Sa’i, mengatakan bahwa belum ada alasan untuk UIN Mataram untuk menarik mahasiswanya. Alasan ini diperkuatnya dengan alasan, UIN Mataram saat ini tengah menjalankan Kuliah Kerja Partisipasi Dari Rumah (KKP-DR) yang dilakukan oleh masing-masing peserta di kampung halamannya. Termasuk tidak melakukan pembuatan kelompok yang memobilisasi masa dan berkerumun.

“Belum ada alasan untuk kami menarik mahasiswa KKN, jadi kami melaksanakan Kuliah Kerja Partisipasi itu dari rumah. Satu orang satu desa sehingga tidak ada kerumunan yang masif, ” tegasnya, Selasa kemarin.

Muhammad Sa’i menjelaskan, bahwa UIN Mataram saat ini melaksanakan KKP atau KKN ini tidak hanya dilaksanakan di NTB. melainkan di beberapa daerah seperti Jawa, NTT, Sumatra dan Kalimantan. Dimana mahasiswanya itu berada dan di desa itu mereka mengabdi sesuai dengan begrounnya.
“Mahasiswa kita tersebar ke bebarapa daerah, program KKP-DR ini berdasarkan instruksi dirjen Kementrian Agama meraka KKP-DR,” jelasnya.

Sa’i menyampaikan, adapun kelompok yang dibentuk itu adalah kelompok Dosen Pamong Lapangan (DPL) yang saat ini mengontrol dan mengarahkan peserta KKP-DR untuk melaksanakan KKN, sesuai dengan pedoman yang telah dibuat. Adapun jumlah siswa yang di pegang satu dosen itu, 15 orang dan tersebar satu orang satu desa.
“Adapun kelompok yang dibentuk hanya untuk mengarahkan dan mengkordinasi peserta KKP dalam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tupoksinya, dan untuk mengumpulkan laporan akhir mahasiswa yang tersebar yang dalam satu kelompok itu beda desa dan juga daerah seperti NTT, Bima dan Jawa dan lainnya.” tutupnya.
Sementara itu, hal berbeda dilakukan kampus Unram. Belum lama ini, pihak kampus berdasarkan edaran satgas provinsi menarik mahasiswa yang sedang KKN. Ini juga buntut dari adanya mahasiswa KKN terpapar di wilayah Lombok Barat.(rif)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mediasi Buntu, Kades Barejulat Dikabarkan Jatuh Sakit

Read Next

Si ‘Cantik’ Chika: Mahkamah Partai PAN Bobok Kayaknya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *