PRAYA – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) memastikan konser musik grup band Dewa19 akan digelar. Grup band yang dikomandoi oleh Ahmad Dhani ini akan manggung di lapangan Bundar Praya pada Jumat (27/10).

Masyarakat bisa menonton konser musik band papan atas tersebut secara gratis. Kegiatan konser musik Dewa 19 ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Loteng ke-78. Kegiatan konser musik Dewa 19 ini dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Loteng tahun 2023.

“Anggaran mengundang Dewa 19 ini tercantum pada APBD 2023, saya lupa jumlahnya,” ungkap Wakil Bupati Loteng, HM Nursiah saat konferensi pers persiapan pelaksanaan konser Dewa 19, di kantor Bupati, Kamis (26/10).

Dia menerangkan, dengan mendatangkan grup musik band Dewa 19 sebagai ajang promosi dan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pemkab menyiapkan 30 stand UMKM di ajang konser Dewa 19, lokasi parkir, pengamanan, hingga pelayanan kesehatan.

“Motivasi utama yakni promosi dan menunjukkan kepada dunia bahwa Loteng sangat terbuka. Alhamdulillah banyak yang menanyakan kegiatan ini digelar untuk umum secara gratis, kalau dibandingkan dengan beberapa even besar lainnya itu berkarcis (berbayar,red). Dimana hajatan besar Pemda Loteng sebagai motivasi bagi warga Loteng secara umum NTB dalam menikmati konser Dewa 19 ini. Tentu niat ini demi kebersamaan di NTB,” bebernya.

Dikatakan, jumlah orang yang akan menonton konser musik band Dewa 19 ini diperkirakan 10 ribu penonton. Tidak hanya warga Loteng, bahkan dari luar daerah.

“Persiapan kita sudah 90 persen. Bersama Dandim, Kapolres dan OPD berjibaku dalam hal persiapan. Dan kita sudah kantongi izin dari Polda NTB,” katanya.

Dia menjelaskan, Pemkab Loteng mengundang band Dewa 19 untuk manggung dalam rangka hari jadi Loteng dengan pertimbangan yang sudah cukup lama. Dan, mengingat masyarakat Loteng sangat menginginkan hiburan.

Sekda Loteng, H. Lalu Firman Wijaya menambahkan, rangkaian acara akan mulai dilaksanakan pada Jumat sore, dengan menampilkan band dan kesenian lokal. Kemudian menjelang petang ada pertunjukan video grafis dari seniman Loteng.

“Kemudian baik panggung dan alat dalam konser Dewa 19 ini yang dilibatkan adalah vendor lokal,” katanya.

Mengenai skema pengamanan dan arus lalu lintas pada ajang konser Dewa 19. Kasat Pamobvit Polres Loteng, AKP I Gede Gisi Yasa mengatakan, skema pengamanan akan didiskusikab bersama semua OPD terkait guna menyamakan persepsi. Adapun, dalam kegiatan konser ini akan diterjunkan 1000 personil dari Polri, TNI dan Brimob.

Di hari kegiatan koser musik Dewa 19, akan dilakukan penyekatan guna mengatur arus kedatangan penonton supaya mobilisasi lancar. Mengingat penggemar band Dewa 19 yang sangat banyak.

“Penyekatan yang dilakukan di simpang empat pendopo Bupati Loteng, jalan Tengari, simpang 3 SD Tengari, simpang empat kantor Pengadilan Praya, simpang 3 depan SMPN 1 Praya. Dan khusus jalur kedatangan penyanyi, VVIP, VIP dan Crew areal yang akan disterilisasi yakni Kampung Jawa Praya,” bebernya.

Kemudian, baik kendaraan roda dua maupun mobil dikarang masuk areal mendekati lapangan Bundar Praya. Dan akan diarahkan ke lokasi atau kantong parkiran yang telah disediakan baik di Alun-alun Tastura, eks kantor bupati dan kantor OPD terdekat. Yang mana, penonton dihimbau agar berjalan kaki menuju lokasi koser Dewa 19.

“Mari kita sama-sama dukung acara ini. Dan utamakan keamanan dan kenyamanan selama kegiatan berlangsung tanpa membawa hal-hal yang membahayakan orang lain ataupun kegiatan yang bersifat provokatif yang akan menimbulkan keributan,” katanya mengimbau.

Sementara Kasdim 1620 Loteng, Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur menyatakan, pihaknya sepenuhnya mendukung baik dari pelibatan personil dalam pengamanan kegiatan koser tersebut.

“Intinya kami siap bersinergi dalam pengamanan. Mendukung gagasan dan rencana Begawe Beleq HUT Pemda Loteng ini. Dan mari kita dukung dan ciptakan suasana aman dan lancar dalam even ini,” katanya.(tim)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 6373

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *