Bawang Merah Petani Desa Kateng Dikirim ke Jawa

  • Bagikan
F panen bawang
KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID PANEN: Seumlah petani bawang di Desa Kateng saat panen bawang merah, Minggu kemarin.

PRAYA – Pemerintah dan warga Desa Kateng, Kecamatan Praya Barat optimis bisa mengembangkan budidaya bawang merah dengan kualitas nasional.
Kades Kateng, Lalu Syarifuddin mengatakan, petani terus fokus melakukan penanaman dan pembudidayaan bawang merah. Bahkan sejak 7 tahun belakangan ingin melakukan secara tekun dan terus melakukan evaluasi. Dimana, kondisi tanah liat ternyata bukan menjadi halangan dalam menghasilkan bawang merah dan sekarang buktinya mampu bersaing dengan kabupaten lain. Yakni, Sembalun, Lombok Timur dan Kota Bima yang terkenal dengan hasil bawangnya.

“Setiap tahun kita terus mengalami peningkatan,” klaimnya kepada media, pekan lalu.
Buktinya kata kades, dari areal awal penanaman 1 hektare dan sampai dengan saat dapat mencapai luas areal tanam hingga 45 hektare dengan jumlah petani sekitar 60 orang yang tergabung dalam 8 kelompok.
Adapun hasil dari petani, tidak tanggung-tanggung bawang merah petani Kateng dikirim hingga ke Pulau Jawa.

Ditambahkan, Ketua Kelompok Tani Beriuk Tani Desa Kateng, Tajudin Bukhori mengatakan pada musim tanam dan panen kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan. Dimana terlebih dengan adanya bantuan dari pemerintah daerah, dan Kementerian Pertanian dengan diberikan bibit serta pembinaan tepat dan konferhensip.
“Dari luas lahan 10 are saja bisa kita panen sekitar 2 ton, harga 8 ribu per kilogramnya maka dapat keuntungan sekitar 8 juta,” bebernya.

Ditambahkan Kepala UPT Pertanian Praya Barat, Nasir dari dinas yang selalu mendukung dan terus membina semua program pemerintah yang berkenaan dengan landing sektor pertanian.
“Kemarin beberapa kelompok mendapatkan bantuan dari pusat, kemudian dapat dilaksanakan swadaya oleh kelompok seluas 20 Hektare, dengan visi misi kedepan akan dijadikan central holtikultura,” katanya.(tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *