Alumni POLTEKPAR Lombok Banyak Nganggur, Ada Juga jadi Buruh Bangunan

F alumni

IST/RADARMANDALIKA.ID MIRIS: Seorang alumni Poltekpar Lombok saat menjadi buruh bangunan, dia menyekop pasir di pinggir jalan.

PRAYA – Sejumlah alumni Kampus Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Lombok kini jadi pengangguran. Merekapun terpaksa ada yang jadi buruh bangunan di sejumlah proyek. Sementara, janji akan dipekerjakan di sejumlah hotel dan lainnya di KEK Mandalika menyambut superbike dan MotoGP tidak jelas.
Alumni Poltekpar Lombok, Yusron menceritakan, sampai saat ini dirinya masih jadi pengangguran. Sementara keahliannya pada spesialis penataan ruang kamar yang dia peroleh di kampus depan kantor Bupati Lombok Tengah itu, malah tidak ada hasil. Bahkan di Poltekpar dirinya melakukan kuliah 3 tahun untuk mengejar Diploma III-nya.

“Saya masuk pada tahun 2017 dan lulus 2020, bahkan dulu saya beserta angkatan saya sempat ditahan uang wisuda, kemudian sekarang nganggur juga,” keluhnya.

Yusron mengatakan, sebenarnya pihak kampus tetap memberikan informasi lowongan kerja, namun kebanyakan tidak sesuai dengan jurusannya, dia mencontohkan seperti yang sudah di-share kepadanya yakni, pembukaan lowongan di Rumania (luar negeri, red), kemudian Hotel untuk spa, waiters, asiancook, hotel staf dan lestoran sedangkan jurusannya yakni devisi kamar sehingga itu tidak nyambung dan setiap pembukaan pasti terbatas.

“Kebanyakan job tidak sesuai jurusan,”ungkap dia.

Dia menyebutkan, dirinya merupakan angkatan kedua di Kampus Poltekpar Lombok. Sementara sekitar 300 orang alumni di sana dikatakannya 70 persen nganggur. “Sekarang saya kerja apa saja. Bahkan kadang jadi buruh bangunanmeskipun saya juga seorang guru honorer di salah satu SMK di Lombok Timur,” ungkapnya.

“Yang pegang KEK Mandalika itu ITDC, dan Poltekpar ini kan beda lembaga, belum ada kejelasan sampai sekarang,” tegasnya.
“Kami dapat info Hotel Pullman yang besar di KEK Mandalika itu dari teman yang di Bali, dari kampus bahkan ngak ada info,” sambungnya nyentil.
Dari kondisi ini, dirinya mempertanyakan mau diapakan kemudian lulusan Poltekpar.” Teman sekelas saya yang isinya 23 orang bahkan tidak ada yang bekerja,”sebutnya.
Hal yang sama juga diungkapkan alumni lainnya. bahkan alumni yang sering mengharumkan nama kampus di antara enam kampus di Indonesia masih nganggur juga.
Sebut saja Erik, dia merupakan warga Lingsar Lombok Barat angkatan 2017 jurusan tata hidang. Prestasinya sering juara lomba kampus, kopi spesialis tata hidang selalu juara

Terpisah, pihak Poltekpar Lombok yang dikonfirmasi Radarmandalika.id via wa soal ini belum ada yang mau menanggapinya. Kepala Sub Bagian Administrasi Umum Poltekpar Lombok, Herry Sastrawan tidak ada respons.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

WSBK November, Deputy Governor Ensures Early October Finish

Read Next

7 Ribu Guru Honorer di Lombok Tengah Tuntut Kesejahteraan..!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *