Alhamdulillah, Sembuh di NTB 232, Positif 371 Orang

F Data korona

Berikut data terbaru perkembangan kasus covid-19 di NTB.

MATARAM – Kabar baik untuk warga NTB. Tim Gugus Tugas Covid-19 NTB menyampaikan hasil pemeriksaan di Laboratorium RSUD Provinsi NTB, Laboratorium RS Unram, dan Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark. Dimana, sebanyak 271 sampel didapatkan enam sampel kasus baru positif virus korona. Sementara lima berasal dari Kabupaten Sumbawa dan satu dari Kabupaten Bima.

“Dengan adanya tambahan enam kasus baru terkonfirmasi positif, maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai hari ini (kemarin, Red) sebanyak 371 orang,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 NTB, Lalu Gita Ariadi di Mataram, kemarin.

Gita mengatakan, untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif. Sementara itu didapatkan 13 pasien telah sembuh setelah dilakukan cek Swab dengan hasil negatif sebanyak dua kali. Terdiri dari lima orang berasal dari Mataram, dari Sumbawa dua orang lalu masing masing satu orang dari Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

“Dengan penambahan 13 orang sembuh maka jumlah yang telah sembuh keseluruhan sebesar 232 orang,” kata Gita.

Sekda NTB juga menerangkan, meskipun semakin banyak kesembuhan baru, namun masyarakat diminta tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 seperti menerapkan jaga jarak (physical distancing) minimal dua meter, tetap di rumah, mengenakan masker saat keluar rumah, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan menjaga kesehatan.

“Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi kepada petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif Covid-19 di rumah sakit,” katanya.

Sampai saat ini jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 862 orang dengan perincian 390 orang (45%) PDP masih dalam pengawasan, 472 orang (55%) PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 16 orang PDP meninggal. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 5.355 orang, terdiri dari 264 orang (5%) masih dalam pemantauan dan 5.091 orang (95%) selesai pemantauan. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 4.870 orang, terdiri dari 1.922 orang (39%) masih dalam pemantauan dan 2.948 orang (61%) selesai pemantauan. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 57.507 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 4.137 orang (7%), dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 53.370 orang (93%). (jho/r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pedagang Teriak, Kepala UPT Pasar Jelojok Bungkam

Read Next

Berharap Pemerintah Segera Insaf

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *