AHM Oil Hadirkan “QR-CODE”

Astra Honda

RAZAK/RADAR MANDALIKA GROUP SOSIALISASI: Pihak Astra Motor Honda Pusat, Willy Kristioni, sedang menjelaskan sistem QR – CODE AHM Oil kepada para peserta, di Hotel Lombok Plaza Mataram, Jumat (21/02) malam.

MATARAM – Astra Motor NTB melakukan sosialisasi kepada semua jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan toko suku cadang Honda di wilayah NTB. Sosialisasi ini mengenai hadirnya AHM Oil dengan kemasan tutup botol baru yang disematkan dengan QR-CODE yang bisa discan keasliannya oleh masyarakat atau konsumen. “Untuk distribusi AHM Oil di wilayah NTB nanti sudah tertera atau tertempel stiker QR – CODE,” ungkap Manager Spare Part Head Office Astra Motor Pusat, Willy Kristiono, di Hotel Lombok Plaza Mataram, Jumat (21/02) malam.

Untuk periode pertama, distribusi AHM Oil ke wilayah NTB mulai 24 Februari sampai 31 Maret 2020. Untuk sementara ini, AHM Oil dengan kemasan tutup botol baru yang ditempel stiker QR-CODE hanya untuk MPX 2. Karena kata dia, banyak yang memanfaatkan situasi dengan mendistribusikan MPX 2 palsu ke konsumen. Seiring peningkatan penjualan motor matic Honda di wilayah NTB.

“Kita tidak memungkiri banyak yang memanfaatkan kondisi sehingga berakibat fatal terhadap konsumen. Karena MPX 2 ini oli matic. Karena sekarang ini banyak kita temui oli matic MPX 2. Karena penjualan motor Honda kontribusi 80 persen itu di matic,” sebut dia.

Dikatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada semua jaringan AHASS, toko suku cadang Honda, masyarakat dan pihak terkait lainnnya terkait terobosan AHM Oil QR-CODE tersebut. Dimana, para pelaku maupun masyarakat sebagai konsumen setia Honda dijamin dengan keberadaan oli asli melalui pemasangan stiker QR-CODE. “Kita akan coba terus sosialisasi karena stiker ini memang sudah ada yang coba memalsukan. Tapi paslu atau asli bisa dicek keasliannya,” tutur dia.

Untuk bisa mengecek keaslian AH LM Oil, masyarakat sebagai konsumen setia Honda hanya butuh handphone (HP) Android. Dengan menggunakan HP Android, konsumen sudah bisa mengecek keaslian AHM Oil dengan melakukan scan stiker QR – CODR yabg ada ditutup botol MPX 2. Sementara untuk saat ini, scan stiker tersebut belum bisa dilalukan dengan menggunakan i-Phone. “Jika konsumen tidak bisa mengisi validasi data-data (setelah menscan QR – CODE), otomatis konsumen menemukan oli palsu. Makanya dengan sistem ini lebih gampang bagi konsumen,” kata dia.

“Atau ketika konsumen membeli AHM Oil tersebut. Ketika melakukan scan stiker QR – CODE yang tertempel di botolnya, terus tidak bisa masuk ke layar yang menunjukkan informasi, terus error dan lain sebagainya, maka bisa dipastikan maka QR-CODE- nya itu palsu. Kita tidak menjudge olinya, tapi kita jamin QR- CODEnya palsu,” terang dia.

Dia mengatakan, QR – CODE asli bisa dikloning atau diperbanyak. Untuk bisa mengecek keaslian AHM Oil, konsumen bisa memperbanyak atau membandingkan dengan kondisi dua botol MPX 2. Di tutup AHM Oil melalui stiker QR – CODE memiliki serial number. “Untuk oli yang stikernya asli, serial numbernya pasti berbeda di setiap botol. Di setiap dus itu beda-beda. Jika dalam dua botol stikernya sama, sudah dijamin itu stiker QR-CODEnya sudah palsu,” jelas dia.

Dia berharap, dengan adanya sistem QR – CODE pada kemasan tutup botol AHM Oil masyarakat semakin setiap terhadap produk Honda. Karena, akan terjamin dalam penggunaan spare part, khususnya untuk oli. Konsumen diminta jangan ada keraguan dalam menggunakan produk Honda. Dengan sistem QR – CODE, konsumen dijamin akan puas. “Karena dengan QR – CODE ini kita akan lebih gampang untuk mendeteksi oli itu asli atau tidak. Jadi, dengan harapan seiring dengan banyaknya unit Honda ini di NTB terus meningkat, kita harapkan kontribusi penjualan oli asli juga kita terus membaik,” jelas dia.

Manager Spare Part Astra Motor NTB, Muhammad Darunnadua Aulia, mengatakan, dengan sistem QR-CODE bertujuan untuk menjamin keaslian oli yang dibeli atau digunakan konsumen setia Honda di wilayah NTB. Karena, sudah banyak oli yang beredar yang tidak bisa dijamin keasliannya. Bisa dilihat dari harga, dari kondisi botol yang hampir mirip. Sehingga, agak sulit dibedakan antara oli palsu dengan asli. “Sehingga kita selaku distributor Astra Motor NTB resmi mengeluarkan AHM Oli QR – CODE. Kita berharap oli yang dibeli konsumen terjamin keasliannya,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Uun itu mengungkapkan, para toko suku cadang Honda, AHASS, dan konsumen yang giat membeli oli QR-CODE ke distributor resmi di Astra Motor NTB akan mendapat penghargaan (reward). Tapi tujuan utamanya adalah untuk memastikan AHM Oil yang beredar di wilayah NTB khususnya, dijamin keasliannya. “Dengan program ini konsumen juga mendapat undian langsung berupa satu unit motor ADV 150 dan tiga unit motor Genio. Selain itu juga berkesempatan mendapat voucher belanja di Indomart sampai Rp 100 ribu,” sebut dia.

Uun mengatakan, bahwa Astra Motor NTB siap memanjakan para konsumen dengan menjamin keaslian produk Honda, termasuk untuk oli dengan sistem QR – CODE. Para konsumen bisa mengecek langsung AHM Oil yang dibelinya. Dengan modal HP Android, konsumen sudah bisa mengecek langsung dengan menscan kode yang ada di stiker tutup botol AHM Oil dengan mengggunakan HP Android langsung.

“Konsumen pada waktu transaksi penggantian oli, dibotolnya itu ada stiker. Konsumen nanti akan ditawarkan dari pihak bengkel jaringan resmi untuk menembak barcode. Kemudian nanti akan keluar informasi oli dan selanjutnya akan diarahkan ke googel nanti keluar validasi data untuk mengisi data-data tadi,” beber Uun. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

KMC Berhasil Sedot Perhatian Banyak Pihak

Read Next

Dua Jam Sekwan DPRD Lotim Diperiksa Polisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *