50 Tim Dokter Disiagakan Selama MotoGP

  • Bagikan
f rapid
IST/RADAR MANDALIKA RAPID: Petugas kesehatan saat melakukan rapid tast, belum lama ini.

 

MATARAM – Pemerintah Provinsi NTB menyiapkan 50 tim dokter khusus yang tdisiagakan selama berlangsung event MotoGP.

“Tim dokter ini dari kita tentu dibantu juga dokter dari rumah sakit rumah sakit besar lainnya (di Indonesia),” terang Direktur RSUD Provinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra, kemarin.

 

dr Jack sapaannya mengatakan, tim dokter disiagakan di dua tempat yaitu di dalam sirkuit serta di RSUD Provinsi NTB. Jika terjadi insiden kecelakaan saat balapan, tim dokter akan melakukan skrining dan penanganan pertama di sirkuit. Sehingga jika pasien membutuhkan penanganan medis lanjutan, tim medis akan membawa pasien ke RSUD NTB dengan menggunakan pesawat helikopter yang sudah disiagakan di sekitar sirkuit. Hal itu menjadi SOP yang sudah disepakati oleh tim medis Indonesia dan Dorna.

 

“Kita ini kolaborasi ya, ada 50 dokter kita terjunkan semua,” bebernya.

 

Termasuk spesialis emergency semuanya turun yang dari Indonesia, semuanya turun untuk membantu kita yang ada di sini. Karena memang sangat dibutuhkan, karena kita tidak mau main-main juga karena ini MotoGP.

 

“Disinilah pertaruhan kita NTB ini mampu atau tidak, Indonesia mampu atau tidak,” kata Jack.

 

Ia mengatakan, tim medis dari Dorna telah melakukan inspeksi RSUD Provinsi NTB untuk mengecek secara langsung kesiapan SDM serta peralatan di rumah sakit tersebut untuk menunjang MotoGP. Tim medis Dorna menginginkan persiapan yang sempurna karena hal ini menjadi salah satu syarat terlaksananya event.

 

“Prinsipnya tim Dorna sangat perfect untuk persiapan medicalnya, dan kita sudah siap,” ujarnya.

 

Keberadaan RSUD NTB telah disiapkan untuk menghadapi darurat medis yang bisa muncul saat balapan. Karena itulah, penanganan medis diharapkan bisa tuntas dilakukan di rumah sakit ini tanpa harus merujuk ke rumah sakit di luar daerah.

 

Hari ini (kemarin) tim kesehatan Dorna tiba di rumah sakit dengan menggunakan pesawat helikopter. Mereka langsung mengecek ruang-ruang perawatan medis seperti IGD, Radiologi, ruang perawatan luka bakar, kamar operasi dan ruang rawat inap.

“Kita bersyukur tim Dorna puas dan menilai bahwa RSUD NTB sudah 100 persen siap dalam mendukung aspek medis di gelaran MotoGP Mandalika ini,” pungkasnya. (jho)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *