20 Persen Hotel Masih Tutup

F hotel  scaled

FENDI/ RADAR MANDALIKA BUKA: Pengendara saat melintas di depan hotel Grand Royal Batujai.

PRAYA-Dari awal masuk virus menular covid-19 di NTB. Dunia usaha termasuk perhotelan berhasil dibuat gelap oleh virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina itu.
Bahkan sampai sekarang, 20 persen hotel yang ada di Lombok Tengah masih tutup. “ Harga kamar tidak sewajarnya, kita saat ini butuh kolaborasi dan bantuan dari pemerintah,” ungkap Ketua Mandalika Asosiasi Hotel (MAH), Samsul Bahri pada Radar Mandalika, kemarin
Ia menjelaskan, pada awal tahun ini, dunia perhotelan mengalami penurunan yang sangat signifikan. Pada rentan bulan Januari hingga Februari 2021, tingkat kunjungan rata- rata kurang dari 10 persen.
Kondisi ini sebutnya cukup flutuatif, pada rentan waktu tahun 2020 pada bulan Juli tingkat kunjungan sekitar 30 persen, mengalami kenaikan pada bulan Desember hingga 50 persen.
Ditambahkannya, bulan Maret ini, terdapat tren kenaikan sekitar 30 persen. Hal ini didorong oleh kunjungan wisatawan domistik. “ Sekitar 20 persen hotel MAH masih tutup,” bebernya.
Kendati adanya bantuan berupa suntikan dana untuk pengelola hotel saat ini, pihaknya menjelsakan bahwa, bisnis perhotelan tidak akan mampu bertahan dengan bantuan tersebut jika kondisi tetap memburuk. Menurutnya butuh terobosan program dan kolaborasi dari pemerintah daerah dan pihak terkait agar memberikan perhatian serius, terlebih perhotelan sangat dibutuhkan pada ajang MotoGP 2021 ini.
“ Bantuan itu paling bisa menghidupkan hotel selama satu bulan,” yakinnya.
Untuk mempercepat berakhirnya masa pandemi, pihaknya berharap peran serta aparan kepolisian dalam mengawasi dan memberikan teguran terhadap pelanggaran protokol kesehataan. Menurutnya bisnis perhotelan akan bisa eksis jika tingkat kunjungan rata- rata dan stabil pada angka 50 persen. “Itu bisa hidup,” katanya.(ndi)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Ibadah Haji 2021 Belum Pasti

Read Next

Dewan Loteng Minta Pembangunan Desa Wisata Merata

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *