Iswan Rakhmadi (MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA)

LOTIM – Desa Wisata Bukit Kayangan, Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur (Lotim) masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Labuhan Lombok masuk setelah melalui tahapan seleksi panjang, dari 7.250 desa wisata yang ikut dalam ADWI.

Kepala Dinas Pariwisata Lotim, Iswan Rakhmadi mengatakan, Lotim memiliki 91 Desa Wisata yang memiliki konek langsung dengan Jaringan Desa Wisata (Jadesta). Dari 91 desa itu, 16 desa secara mandiri mendaftar mengikuti ADWI tahun 2023. Sehingga, Dispar bersama lembaga terkait lainnya melakukan pendampingan.

Dalam ADWI tahun ini, sebanyak 16 desa yang ikut bersaing dengan 7.250 desa. Kemudian 16 desa itu masuk 500 besar, pada saat seleksi masuk 300 besar tersisa Desa Tetebatu, Desa Loyok, dan Desa Labuhan Lombok. Setelah itu dari tiga desa yang masuk nominasi 300 besar, hanya Desa Labuhan Lombok yang lolos ke nominasi 75 besar.

“Alhamdulillah, Desa Wisata kita masuk nominasi 75 besar. Mudahan saja bisa masuk 10 besar,” katanya.

Karena masuk 75 besar, desa wisata Labuhan Lombok akan menghadapi verifikasi lapangan. Ada lima indikator menjadi penilaian, mulai dari daya tarik pengunjung, ketersediaan homestay, kuliner dan kelembagaan. Terhadap hal itu semua, tentu tetap harus dibenahi.

Namun Desa Labuhan Lombok sendiri, selain memiliki destinasi wisata di Bukit Kayangan, juga memiliki icon lainnya. Seperti destinasi alam yang bagus dan sudah ditata menarik serta apik. Labuhan Lombok juga seperti pemersatu Indonesia, kaya dengan keberagaman suku, budaya dan adat. Sebab Labuhan Lombok dihuni suku Bugis, Sasak, Jawa dan Bali.

Selain itu, berkembang pula destinasi budaya, seperti nyongkolan, ada mapaji dan sebagainya. Ditambah terdapat museum laut sebagai simbol kemampuan masyarakat mengarungi laut. “Bicara sarana dan prasarana, memang masih membutuhkan perhatian, terutama jalan menuju destinasi. Mei mendatang, tim penilai juga akan turun, dalam hal ini paling penting kita harus dalam posisi siap,” tegasnya.

Lebih jauh diungkapkan, dalam waktu dekat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dijadwalkan akan datang berkunjung ke desa wisata Bukit Kayangan Labuhan Lombok.

“Pada prinsipnya, kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Tidak menutup kemungkinan, kunjungan itu sekaligus datang melakukan penilaian,” pungkasnya. (fa’i/r3)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 479

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *