JARING ASPIRASI: Anggota DPRD Loteng, H Lalu Sarjana saat melakukan reses di Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat, belum lama ini. (IST/RADAR MANDALIKA.ID)

PRAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Sarjana melakukan reses di beberapa titik, salah satunya di Desa Mangkung Kecamatan Praya Barat, belum lama ini. Di lokasi perdana saat melakukan reses tersebut, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Praya Barat-Kecamatan Praya Barat Daya ini menerima keluhan masyarakat setempat soal seringnya terjadi banjir saat musim hujan.

Lalu Sarjana mengaku, banjir yang menjadi momok dan menakutkan masyarakat ini disebabkan karena sistem saluran irigasi yang tidak berfungsi maksimal. Tidak sesuai dengan debit air yang ada di wilayah tersebut. Sehingga air pun meluap ke sejumlah ruas jalan dan permukiman penduduk.

“Banjir ini terjadi di Dusun Tojang Lauk dan Tojang Daye, Desa Mangkung ketika musim hujan datang,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Loteng dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengutarakan, jika solusi yang ditawarkan warga adalah perlu dilakukan pelebaran saluran sungai. Dia pun mengakui bahwa saluran yang ada saat ini sangatlah kecil dan tidak mampu menampung debit air hingga mengakibatkan air pun meluap ke ruas jalan bahkan permukiman warga.

Adapun yang lainnya, yakni jembatan jalan raya Mangkung ke Selong Belanak yang ada di Dusun Tojang dan Jangkih Jawe sudah tidak memiliki saluran. Hal ini disebabkan karena saluran yang ada sudah tertutup sehingga air sering kali meluap ke atas jembatan.

Terhadap permasalahan tersebut, pihaknya mengaku sudah mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah untuk segera turun tangan dengan melakukan perbaikan.

“Saya rasa pemerintah sudah tahu masalah ini dan saya pun sudah usulkan, namun belum juga dipenuhi,” tutupnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 530

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *