Top, MAN 1 Lotim Juara 1 Robotic Tingkat Provinsi

Roboti

IST/RADAR MANDALIKA.ID BIKIN BANGGA: Inilah siswa MAN 1 Lotim yang didampingi Pelatih robotic, Ahmad Habib Averusyd usai menyabet gelar juara I, kemarin.

LOTIM-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim), berhasil juara 1 tingkat provinsi pada ajang yang diselenggerakan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, Selong.

Pelatih robotic MAN 1 Lotim, Ahmad Habib Averusyd mengatakan, siswa MAN 1 Lotim raih juara 1 membuat sebuah robot yang terkomputerisasi, roboti ini pula akan mengikuti garis lintasan yang telah dibuat atau biasa dikenal dengan Line Follower Microkontroller. Robot semacam ini juga sering dipergunakan dalam kompetisi robot seluruh tingkatan.

“Line follower itu tergantung orang yang setting atau memprogram robotnya dan yang diadu oleh dewan juri kecerdasaan penggunanya,” kata Habib, kemarin.

Ditambahkannya, siswa yang mengikuti kompetisi ini tidak sembarangan terlebih dahalu diseleksi. Sebab siswa harus memahami hitungan logika,  matematika dan  fisika. Ketiga ilmu dasar ini harus disuka, soalnya nantinya siswa harus mampu menghitung jarak, kecepatan, ketepatan sensor membaca garis.

“Makanya robot itu tergantung orang yang megang atau yang program robot itu, kalau logikanya bagus robot juga mesti jalannya mulus,” jelasnya.

Habib menilai, kompetisi robot Line Follower Microcontroler ini saat ini tengah boomingnya dan sering diadakan pada skala nasional hingga internasional.

Sementara, Kepala MAN 1 Lotim, M. Nurul Wathoni mengaku bangga atas torehan prestasi anak didiknya. “Kompetisi bukan hanya merebut gelar juara, tapi menunjukkan kreatifitas anak-anak madrasah, bukan hanya mahir mengaji melainkan juga mampu membuat robot,” katanya dengan nada canda.(ton)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

TKI Asal Gerung Diduga Dibunuh Rekannya

Read Next

Mataram Metro Miring, Apa Dewan Pernah Ukur?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *