MATARAM – Warga Desa Montong Ajan dan Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dipisahkan oleh Sungai Tiu Rentung yang melewati perbatasan dua desa. Satu buah jembatan kecil yang menghubungkan dua desa di ujung selatan Lombok ini telah tergerus air bah beberapa tahun lalu. Praktis masyarakat tak bisa melewati dua desa yang berdekatan ini dengan mudah.

Mengetahui hal itu, anggota DPRD NTB, TGH Hazmi Hamzar, SH, MH kemudian turun tangan mengatasi kebutuhan dasar masyarakat tersebut. Jembatan yang dulu telah rusak tergerus banjir kini telah diperbaiki. Jembatan dari material beton telah berdiri melintasi badan sungai. Masyarakat pun kini bisa melintasi dua desa dengan mudah.

Kadus Rentung Desa Montong Ajan Muhammad Akim mengatakan, masyarakat di dua desa sangat senang dengan hadirnya jembatan ini. Jika dulunya warga sangat sulit melintasi sungai, kini warga dengan gampang melewatinya dengan kendaraan.

“Masyarakat batu jangkih dan Montong Ajan sangat bersyukur sekali dengan diperbaikinya jembatan ini. Karena pas rusak, otomatis terputus lah akses untuk masyarakat. Saat jembatan yang lama hanyut, warga melintasi melalui tapak jembatan. Kalau air sedang besar tak bisa dilewati. Namun kini masyarakat melewati dengan mudah setelah ada jembatan,” kata Muhammad Akim saat memantau Jembatan tersebut, Sabtu pekan lalu di Lombok Tengah.

Dari pantauan media ini, akses jalan yang menghubungkan jembatan ini memang masih berupa jalan tanah. Di beberapa ruas terlihat pernah dilakukan pengerasan atau perabatan jalan. Namun kini sudah tergerus oleh air yang turun dari perbukitan. Di beberapa titik yang cukup parah, TGH Hazmi memberi bantuan berupa pengerasan dengan tanah urug agar gampang dilewati kendaraan, terutama di musim hujan ini.

Sementara itu Lalu Mustiadi, warga setempat juga mengaku bersyukur dengan adanya perhatian dari TGH Hazmi. Ulama moderat asal Lombok Timur ini dipandang sebagai figur yang sensitif terhadap kebutuhan dasar masyarakat, terutama di daerah terpencil.

Ia melihat, Caleg DPR RI dari PPP Dapil Lombok ini telah banyak berbuat untuk masyarakat. Tak hanya mengajak untuk berdialog atau menyerap aspirasi saja, namun langsung ke aksi. Hal inilah yang menimbulkan simpati dari masyarakat kedua desa.

“Respons masyarakat Montong Ajan dan Batu Jangkih luar biasa. Pembangunan jembatan ini menjadi bukti bahwa beliau memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.

Akses jalan dan jembatan adalah urat nadi perekonomian masyarakat di dua desa. Dengan perbaikan infrastruktur dasar ini, tentulah akan memberikan dampak yang besar bagi kelancaran ekonomi masyarakat. Mobilitas kendaraan yang membawa hasil pertanian atau perniagaan akan melancarkan usaha warga.

Sementara itu TGH Hazmi Hamzar mengaku sangat senang setiap kali turun ke masyarakat, terlebih ke wilayah-wilayah terpencil dan berdialog dengan masyarakat setempat. Semua aspirasi yang disampaikan saat pertemuan akan dicatat untuk kemudian diperjuangkan.

Kebutuhan masyarakat yang bisa dibantu saat itu juga akan dibantu sesegera mungkin tanpa menunggu waktu yang lama. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Montong Ajan dan Desa Batu Jangkih adalah upaya untuk membantu masyarakat agar semakin mudah melintasi jalan dalam rangka membangun ekonomi. (jho)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 2895

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *