Tak Beres, Orangtua Siswa Datangi Panitia PPDB

F datangi

ARIF/RADARMANDALIKA.ID DATANGI: Seorang orangtua calon siswa mendatangi panitia PPDB, Selasa kemarin.

MATARAM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun 2021 jalur prestasi akademik terkendala login. Pendaftaran jalur prestasi yang dibuka pada Senin (41/06), dimana banyak dikeluhkan oleh calon peserta didik dan orangtua. Dengan adanya kendala pada sistem login itu membuat puluhan calon peserta didik dan orang tuanya mendatangi sekretariat panitia PPDB di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, pada Selasa, (15/6).

Sebelumnya para calon siswa dan orang tua mendatangi sekolah tujuan untuk mendaftar, namun link untuk pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan orangtua tidak bisa di akses sehingga di arahkan oleh sekolah tujuan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB.
Salah seorang orangtua dari peserta didik baru, Yufika Dewi Muksin mengatakan ia ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pengaduan terkait dengan pendaftaran jalur prestasi akademik yang bermasalah. Dia mengeluhkan sistem website yang di sediakan oleh panitia yang tidak bisa login.
” Saya mau melakukan pengaduan di Dikbut terkait PPDB jalur prestasi akademik. Dari kemarin anak saya tidak bisa login di web,” katanya tegas.

Sementara itu, Sekertaris PPDB NTB, Muazam menjelaskan bahwa itu terjadi karena adanya NISN yang berbeda antara Dikbud dan yang di pegang oleh calon peserta didik baru. Sehingga itu di koreksi dan singkronkan juga ada perbedaan NIK di server Dikbud yang menyebabkan dia tidak bisa login. Namun setelah di kroscek, NIKnya di cek pada server dan di input ulang akan bisa login.
“Masalah tidak bisa ogin itu antara NISN yang tercatat di server kami dengan NISN yang di pegang itu ada sedikit perbedaan, itu yang kami sinkronkan. Setelah kita intup ulang NIKnya itu akan bisa login,” jelasnya.
Muazam juga membenarkan bahwa sudah ada puluhan calon peserta didik baru dan walinya yang datang untuk melakukan pengaduan dan sudah di proses untuk bisa dan sudah bisa login.
“Untuk yang kemarin melakukan pengaduan tidak bisa login alhamdulillah sekarang sudah bisa login dan itu tadi kita cek di server,” ungkapnya.
Muazam juga menjelaskan permasalahan yang yerjadi di jalur perpindahan sebenarnya hal itu terjadi karena adanya calon siswa dari sekolah luar danlulusan Mts yang datanya tidak ada di server Dikbud.
“Hampir sama permasalahannya, karena rapot mereka rapot luar sehingga NISN-nya belum terdata di server kami itu yang kami input baru bisa login dan insya Allah yang kesini akan bisa login,” (rif)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Jadwal Pemilu 2024 Belum Final!

Read Next

Banyak Kadis Absen di Paripurna, Dewan Kecewa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *