Sungai Obel-Obel Meluap, 81 Rumah Warga Terendam

F Banjir

IST / RADAR MANDALIKA GROUP SURUT : Kondisi perkampungan di Dusun Melempo pascaair surut, akibat luapan sungai Melempo Desa Obel Obel, Sambelia Lotim, Minggu kemarin.

LOTIM – Hujan lebat yang melanda Desa Obel Obel, Kecamatan Sambelia Lombok Timur membuat aliran sungai di Dusun Melempo meluap. Air naik sampai jalan utama. Termasuk masuk ke perkampungan warga. Akibatnya, tembok masjid di sana jebol dan merusak pondasi rumah warga setempat. Kejadian sekitar pukul 15.00 Wita, Minggu kemarin.

Informasi yang diterima wartawan Radar Mandalika Group, hujan di Desa Obel obel, terjadi sejak pukul 14.30 Wita. Namun karena hujan lebat, sungai meluap.

Selanjutnya, air yang meluap menyebrangi jalan raya, langsung menghantam beberapa rumah warga di perkampungan Dusun Melempo. Selain tembok masjid, dua pondasi rumah warga rusak, sementara lainnya tergenang. Kondisi terakhr, air sudah mulai surut tadi malam. Beruntung tidak ada korban jiwa.

 Dengan cepat Koramil Sambelia memberikan bantuan kepada warga berupa nasi bungkus. Sementara Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy dikabarkan juga telah turun ke lokasi banjir. Termasuk Tim Reaksi Cepat (TRC) atau Tim siaga bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga langsung ke lokasi kejadian, mengevakuasi warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Lalu Rusnan via ponsel mengatakan, jumlah rumah warga yang terendam banjir 81 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari 250 jiwa. BPBD katanya, sudah mendistribusikan bantuan makanan siap saji, mendirikan dapur umum dan kebutuhan lainnya.

“Untuk sementara, warga kami ungsikan ke Musala Darul Qur’an yang letaknya berdada diketinggian Dusun setempat,” katanya.

Setelah dilakukan evakuasi lanjut Rusnan, besok (hari ini, Red) akan dilakukan evaluasi dan identifikasi penyebab terjadinya banjir. Sehingga akan jelas langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

 “Kami imbau masyarakat Kecamatan Sambelia, tetap waspada dari bahaya banjir bandang,” imbaunya.(fa’i)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Polemik Bisa Hamil di Kolam Renang

Read Next

Gedung UIN Mataram Makin Mentereng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *