MATARAM – Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Bank Indonesia (BI) mengadakan kegiatan Semarak
Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau yang disingkat “Serambi”. Kegiatan ini dilakukan secara nasional mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 20 April 2023.

Salah satu bentuk kegiatan Serambi 2023 ini adalah Bank Indonesia telah menyiapkan kebutuhan uang pecahan yang sesuai untuk masyarakat dan memastikan kesiapan perbankan dalam layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Inisiatif tersebut diapresiasi oleh Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujiburrahman saat membuka acara Serambi bersama Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat yang dihadiri oleh ratusan perwakilan santri serta siswa madrasah se-Kota Mataram dan Lombok Barat, bertempat di Ballroom Islamic Center. Senin (20/3).

“Saya atas nama Pemerintah Kota Mataram mengapresiasi kegiatan Serambi ini, sebab sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia khususnya di Kota Mataram untuk menukarkan dan membagikan uang pecahan kecil, sehingga melalui kegiatan ini nantinya dapat membantu masyarakat yang ingin menukarkan uangnya,” ucap Wakil Wali Kota.

Ditempat yang sama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Heru Saptaji mengatakan, menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2023 ini pihaknya menyediakan perputaran uang kartal sebesar Rp 4,3 triliun dan tempat-tempat penukaran uang pecahan kecil.

“Rp 4,3 triliun kita lihat relatif sangat memadai dari target proyeksi selama Ramadhan dan Idul Fitri ini, masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya serta tentunya di Provinsi NTB secara keseluruhan 3,32 triliun, sehingga kita berikan lagi sepersatu triliun untuk
mengantisipasi semarak Ramadhan dan Idul Fitri dalam waktu dekat ini. Pada serambi tahun ini kami juga membuka pelayanan kas penukaran uang di pintu-pintu masuk maupun keluar Kota Mataram dan selama Ramdhan di Islamic Center kami sediakan selalu kas mobil dari BI dan juga 10 bank yang terlibat didalamnya,” jelas Heru Saptaji.

Adapun titik-titik penukaran yang disiapkan oleh Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat adalah Rute Tanjung Luar–Kayangan, Rute Keruak-Sakra-Selong, Rute Tanjung-Senaru-Bayan, Rute Gerung-Lembar, Pelabuhan Kayangan Dan Pelabuhan Pototano, Rute Taliwang-Maluk dan Rute Sanggar-Dompu.(red)

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 558

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *