TES KESEHATAN: Sejumlah Bacaleg di Loteng saat sedang mengikuti Medical Check Up di Kantor Dewan Loteng, kemarin (2/5).(KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – Ratusan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari sejumlah Partai Politik (Parpol) di Lombok Tengah (Loteng) melakukan Medical Check Up atau tes kesehatan di Gedung DPRD Loteng, Selasa (2/5). Tes ini sebagai syarat administrasi mengikuti kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Taufik Akbar mengatakan, bahwa Medical Check Up ini akan berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (2-3/5). Adapun jadwal tersebut disusun berdasarkan surat edaran yang dilayangkan kepada masing-masing Parpol dan mereka mengirim data bacaleg kepada pihak RSUD Praya.

“Rencana kita tes kesehatan para bakal calon legislatif ini di jadwalkan selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu,” ungkapnya.

Sementara ini, ada enam Parpol yang Bacaleg-nya sudah terjadwal untuk mengikutinya Medical Check-Up. Yakni Partai Golkar, NasDem, PBB, PAN, Perindo dan Gerindra.

“Dari Partai Golkar sekitar 50 orang, Partai Nasdem sekitar 46 orang, PBB belum lengkap kami terima, PAN, dan dan Perindo belum,” paparnya.

“Untuk hari ini kurang lebih sekitar 200 orang Bacaleg yang mengikuti Medical Check-Up,” tambahnya.

Menurut Taufiq, para Bacaleg itu akan mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan. Pertama, tes urine untuk mendeteksi jenis obat yang membuat seseorang ketergantungan. Kedua, pemeriksaan fisik. Ketiga tes kecerdasan dengan tes tulis dan tes kepribadian (Psikologi) dengan tes tulis.

“Untuk hasilnya nanti akan didiskusikan dengan tim baru kemudian diumumkan oleh tim,” katanya.

Pada bagian lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Loteng, Lalu Darmawan mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran Bacaleg dari tanggal 1-14 Mei 2023 di KPU Loteng, belum ada yang mengantarkan berkas pendaftaran ke posko pendaftaran yaang ada di Kantor KPU Loteng.

“Hingga hari ini (kemarin, red) belum ada parpol yang mengajukan bacaleg,” ucapnya saat dikonfirmasi via WA.(tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 281

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *