LEPAS : Bupati Lotim HM Sukiman Azmy memberikan arahan sekaligus melepas 393 CJH yang masuk pada kloter pertama, Selasa (6/6). (MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Sebanyak 393 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama embarkasi Lombok memasuki asrama haji di Mataram, kemarin (6/6/2023). Dari jumlah tersebut, 185 jemaah pria dan 208 jemaah wanita. Dimana 90 orang di antaranya tergolong lansia.

Ratusan JCH NTB kloter pertama dari Lombok Timur itu diberangkatkan Rabu pagi (7/6). Jamaah calon haji tersebut turut didampingi 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah, 1 orang dokter kloter, 2 orang paramedis, dan dua orang Petugas Haji Daerah (PHD).

JCH tertua pada kloter pertama ini atas nama Muhammad Hafifuddin (93) dan Inaq Rumintang (91). Sementara lima orang di antaranya menggunakan kursi roda. Para JCH telah mulai masuk asrama haji sejak pukul 08.00 WITA.

“Alhamdulillah hari ini kloter pertama embarkasi Lombok jamaah dari Lombok Timur sudah masuk asrama. Nanti jam 02.00 Wita dini hari (hari ini, red) dilepas dan berangkat ke BIZAM,” kata Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz, kemarin.

“Tadi ada penerimaan, ada cek kesehatan, pembagian passport, nanti malam ada pembinaan manasik, dini hari ada pelepasan. Menag tidak diperkenankan membuat terlalu banyak acara seremonial, supaya jemaah bisa istirahat,” sambungnya.

Zamroni meminta kepada masyarakat NTB untuk mendoakan seluruh jemaah haji yang berangkat tahun ini.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat NTB untuk mendoakan seluruh jemaah haji asal NTB agar diberikan kesehatan, keafiatan, saat melaksanakan ibadah haji sampai sepulangnya nanti dari tanah suci, mendapatkan haji yang mabrur,” tukas Zamroni.

Penerbangan jamaah calon haji kloter pertama embarkasi Lombok ke Arab Saudi menurut jadwal diberangkatkan pada Rabu (7/6) pukul 06.55 Wita melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam).

Terpisah, Ketua Komisi V DPRD NTB Lalu Hadrian Irfani mengapresiasi pelayanan jemaah haji tahun 2023 yang dilakukan Kanwil Kemenag NTB.

“Kami apresiasi, segala tahapan dan persiapan sudah berjalan baik. Kuota pun alhamdulillah bisa bertambah. Kami berharap, pelaksanaan dan persiapan di tanah air, terus dilanjutkan dengan pelayanan yang baik selama di tanah suci sehingga jamaah bisa beribadah dengan nyaman dan khusyuk,” bebernya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berpesan, agar para jamaah menjaga kondisi kesehatan dan memperbanyak mengonsumsi air di tengah cuaca terik di Arab Saudi.

Lalu Hadrian berharap agar para jamaah tidak memporsir tenaganya untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain di luar ibadah wajib. Hal itu terutama untuk menjaga daya tahan tubuh selama pelaksanaan ibadah haji.

“Selamat jalan para duyufurrohman. Kami semua mendoakan agar jamaah tetap sehat dan kembali dengan predikat haji yang  mabrur,” harapnya.

“Kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag NTB kami sampaikan terima kasih atas persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini,” pungkasnya.(jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 314

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *