PRAYA – Lebih dari 70 tim mahasiswa dari 13 negara di Asia dan Timur Tengah berkompetisi dalam Shell Eco Marathon 2023 di Sirkuit Mandalika, pada 4-9 Juli. Termasuk tim dari Indonesia, China, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Vietnam.

Ajang Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah tahun ini secara resmi dimulai pada Rabu (5/7). Kali ini, kompetisi merancang, membangun, dan menguji mobil hemat energi untuk generasi muda sebagai acara regional yang lebih besar.

Dimana, Indonesia sebagai tuan rumah menerjunkan lebih dari 40 tim mahasiswa. Yang tertinggi di antara semuanya negara peserta. Tahun ini, kompetisi tahunan kembali sebagai acara regional untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Dan, memungkinkan tim bersaing dengan ketat.

Kawasan Shell Eco-marathon, kompetisi jarak tempuh dirancang untuk tim berpengalaman. Memberi semangat inovasi dan pendekatan baru untuk mencapai efisiensi energi. Selama Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023, para siswa akan berkompetisi kendaraan ultra-hemat energi. Yang mereka rancang dan bangun sendiri dalam dua kelas kendaraan kategori yaitu Prototype dan Urban Concept, dengan tujuan melakukan perjalanan terjauh menggunakan energi sesedikit mungkin.

Kelas Prototipe difokuskan pada desain yang sangat efisien dan ringan. Biasanya dengan tiga roda dan dirancang untuk mengurangi resistensi dan memaksimalkan efisiensi. Sementara kelas Urban Concept difokuskan efisiensi energi berupa desain kendaraan roda empat konvensional yang lebih mendekati mobil penumpang dalam penampilan dengan empat roda dan dirancang untuk spesifikasi layak jalan.

Dalam hal ini, peserta kemudian bisa memilih salah satu dari tiga kategori energi. Yakni baterai listrik, sel bahan bakar hidrogen, dan internal mesin pembakaran (bensin, etanol, dan/atau solar).

“Kami percaya itu dengan tekad dan kerja keras, para siswa dapat mencapai hal-hal luar biasa untuk mereka negara. Kompetisi memungkinkan mereka untuk memfokuskan upaya dan kreativitas mereka dalam memajukan teknologi di bidang kendaraan hemat energi yang penting untuk masa depan energi yang lebih bersih,” ungkap Sean Winnett, Vice President of Asia Pacific Corporate Relations.

Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 juga akan menampilkan beberapa acara sampingan. Termasuk Shell LiveWIRE, program pengembangan perusahaan yang mempromosikan kewirausahaan, dan Shell NXplorers yaitu sebuah program pendidikan inovatif yang memperkenalkan pemikiran muda ke kompleks dan keterampilan berpikir kreatif bagi mereka untuk menjadi agen perubahan yang positif. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 486

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *