Ponpes Sa’adatuddarain Pamerkan Artefak Rasulullah

  • Bagikan
Pameran Artefak
IST/RADAR MANDALIKA REFLIKA: Replika rumah baginda Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan oleh Ponpes Sa'adatuddarain di Lombok Tengah, pekan kemarin.

PRAYA – Pondok Pesantren (Ponpes) Sa’adatuddarain Leneng, Kecamatan Praya menggelar pameran artefak Rasulullah. Ini untuk mengisi bulan suci ramadan. Terhitung selama empat hari, sejak 12 hingga 15 April 2022.
Pengurus Ponpes, Muhamad Irham mengatakan, pameran ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi peserta didik sebagai edukasi untuk mengenal lebih jauh sosok Nabi Muhammad SAW, bagaimana kehidupan yang dijalani Rasulullah yang patut diteladani dalam kehidupan sehari-hari.
“Pameran replika artefak ini juga dalam rangka untuk memperingati haul dari Siti Khadijah yang wafat pada hari ke-11 bulan Ramadan. Yang mana Ia merupakan istri pertama Rasullah yang sangat berjasa dalam dakwah Rasulullah dan penyebaran agama islam,” terangnya.
Adapun artefak yang dipamerkan dimulai dari, replika rumah kecil berukuran sekian meter, pakaian, perlengkapan dapur, botol minuman, senjata sampai tempat tidur.
“Di sisi lain kita juga menjelaskan kepada anak-anak selain melihat langsung artefak Rasulullah bagaimana tata cara adab dalam bersikap. Seperti bagaimana adap orang makan, minum, mandi sampai tidur sehingga anak-anak bisa merasakan bagaimana penghidupan rasulullah yang penuh kesederhanaan kala itu yang patut diteladani dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.
Diharapkan melalui pameran artefak tersebut selain memberikan edukasi untuk mengenalkan benda-benda peninggalan dan sejarah nabi juga dapat meningkatkan kecintaan terhadap baginda Nabi Muhammad SAW.(cr-hza)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *