Perkembangan Covid-19 di Tengah Upaya Menyongsong New Normal di Lotim

F BOK 1

IST / RADAR MANDALIKA DATA : Peta data perkembangan wabah Covid-19, yang jumlah terkonfirmasi positif terus mengalami peningkatan, kemarin.

Penularan Masih Terjadi, Jumlah Positif Korona Terus Bertambah

Lombok Timur masih belum aman dari wabah Covid-19. Kendati sedang berupaya menyongsong new normal, namun jumlah kasus positif korona terus bertambah.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

WABAH Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), masih terlihat mengancam keselamatan masyarakat Gumi Patuh Karya ini. Di tengah ancaman wabah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim, terus berikhtiar dalam mencegah penularan wabah yang menjadi atensi nomor wahid hampir diseluruh belahan dunia ini.

Pemerintah Lotim sendiri, melalui kebijakan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tetap konsisten dalam menjalankan setiap kebijakan, berupa pembatasan disektor pariwisata, untuk mengurai atau mencegah terjadinya kerumunan. Kendati mendapat kritikan publik, bahkan sampai dijadikan dagelan oleh beberapa pihak, namun itu tetap tidak menyurutkan kebijakan pembatasan tersebut. Terutama pembatasan masuk destinasi wisata Sembalun.

Menurut klaim Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tim kesehatan telah memahami bagaimana mendeteksi dan menangani wabah ini. Terlebih Lotim sendiri telah memiliki alat swab sendiri, sehingga bisa lebih cepat mengetahui hasilnya. Termasuk, bisa lebih cepat melakukan tracing contact, guna memutus mata rantai penularan wabah ini.

Di sisi lain, tim gugus tugas sedang berupaya menerapkan protokol kesehatan, dengan menjadikan 10 pasar sebagai percontohan, untuk menyongsong new normal. Namun di tengah usaha menyongsong new normal itu, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

Hingga hari kemarin, Lotim mendapat tambahan terkonfirmasi positif sebanyak empat orang. Sementara dalam dua hari terakhir, tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh. Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif, menjadi 138 orang. Dari jumlah tersebut, 100 pasien positif telah sembuh, sisanya 38 orang masih dalam perawatan medis diruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selong Lotim. Sementara kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia, masih tetap dua orang.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sudah mencapai angka 651orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 507 orang pasien telah dinyatakan selesai dalam pengawasan atau sudah sehat. Sisanya yang masih dalam pengawasan, sebanyak 144 orang. Ada yang menjalani isolasi mandiri, dan ada pula yang menjalani isolasi di RSUD Selong, dan RSUD Labuhan Haji.

“Dengan bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19, menandakan penularan masih terjadi. Mari kita sama-sama mengimbau dan mengedukasi masyarakat, untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan disetiap aktivitas sehari-hari,” kata juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Lotim, H Pathurrohman. (*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mulai Hari Ini Pansus “Garap” OPD

Read Next

Bawaslu Mataram Temukan Banyak Kejanggalan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *