PRAYA—Pemerintah Desa (Pemdes) Kerembong, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah, menggandeng Portir Indonesia dan Poltekpar untuk melakukan penghijuan. Penghijauan ini dilakukan di Embung Danasari desa setempat.

Kepala Desa Kerembong, Muhali menjelaskan, program yang sudah berjalan sekitar sepekan ini mengambil tema “gerak tanam rawat ala oksigen”. Bersama dengan organisasi Portir Indonesia dan Poltekpar Lombok, beserta masyarakat Desa Kerembong untuk menata wilayah embung setempat.

“Kegiatan ini sebagai langkah persiapan dalam pengembangan desa terkait SDM dan desa wisata, lestari dan ekowisata,” ungkapnya pada Radar Mandalika.

Dijelaskan, meski sebagai langkah awal dalam wacana pembangunan obyek wisata, pihaknya bersyukur gerakan positif ini dilaksanakan. Sebab, dengan menanam pohon, tentu sama artinya dengan menanam kebaikan.

“Kita apresiasi. Gerakan semacam ini bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengelola potensi desa yang dimiliki. Salah satunya dengan keberadaan Embung Danasari,” cetusnya.

Sementara itu, salah satu inisiator gerakan penghijauan Desa Kerembong, Jana Biana menambahkan, puluhan pohon yang ditanam ini merupakan pohon yang bisa menyerap air, sehingga memiliki nilai tambah tersendiri dalam penghijauan di embung ini.

“Selain Pemdes, warga dan mitra strategis ini, kami juga menggandeng sejumlah lembaga pendidikan di sekitar Desa Kerembong. Anak-anak didik antusias melakukan penanaman pohon,” bebernya.

Terkait potensi wisata di desa setempat, pihaknya mengaku masih mendalami. Sebab, keberadaan embung pihaknya mesti mengkaji debit air.

“Ya, kalo musim kemarau kan sering juga kering. Tapi jika airnya tetap bagus bisa berupa wisata sampan atau perahu dayung ke depannya,” urainya.

Meski begitu, pihaknya tidak muluk-muluk untuk melakukan pilot project ini, dengan menggerakan seluruh elemen masyarakat mencintai dan menghargai potensi alam di Desa Kerembong merupakan kebanggaan tersendiri.

“Alhamdulillah 500-an orang hadir dalam penanaman pohon di Embung Danasari. Mari kira sama-sama rawat embung dari BWS ini,” pesan Kaur Keuangan desa setempat ini.(fiz)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *