Ist/RADAR MANDALIKA SIAP: Salah satu peserta IRONMAN 70.3 Lombok saat mencoba menjajal rute.

 

LOBAR–Pelaksanaan turnamen Internasional Triatlon IRONMAN 70.3 Lombok sudah semakin dekat. Rute pelaksanaanya pun sudah dipastikan akan dimulai dari Pantai Senggigi (Balakang Holiday Resort Lombok) untuk renang, amelalui kawasan Senggigi Kota Mataram hingga Lombok tengah melalui jalur Bypass BIL untuk Sepedah dan balik lagi ke Senggigi untuk Lari.
Terkait rute itu, panitia Triatlon IRONMAN sudah mulai menyosialisasikan permakluman pengunaan jalur dari Senggigi hingga Lombok Tengah. Sepanduk permakluman pun sudah dipasang sebagai informasi pengunaan jalur itu pada 8 Oktober 2022 mendatang.

“Terkait persiapan informasi kepada masyarakat untuk pengalihan arus lalulintas, sebenarnya dari arah batujai Loteng sampai area Ampenan dan Meninting kita sudah memasang sepanduk-sepanduk sosialisasi,” terang Race Director IRONMAN 70.3 Lombok, Andreas Kansil yang dikonfirmasi, Jumat (30/9).

Menurutnya persiapan pelaksanaan ironman 70.3 Lombok, dari sudah mencapai 95 persen. Hampir semuanya sudah dikoordinasikan dan tinggal menunggunpelaksanaanya 8 Oktober 2022 mendatang.
Ia mengatakan selain memasang spanduk infomasi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polda NTB termasuk tiga Polres yang wilayahnya dilalui event itu.

“Kita sudah koordinasi dengan polri untuk izin keramaian,” jelasnya.
Disamping itu, pihaknya sudah bertemu dengan beberapa pemerintah desa. Melelui pemerintah desa itu, sosialisasi kegiatan itu juga disampaikan kepada masyarakat.

“Kita juga dibantu Diskominfo terkait penyebaran informasi untuk pengalihan lalulintas dan penutupan jalan,” sambungnya.

Meski diakuinya dari segi dampak kepada masyarakat terkait mobilitas masyarakat atas kegiatan itu cukup masif. Tetapi pihaknya perlu mengingat efek positif yang bisa dihasilkan Ironman 70.3 Lombok untuk masyarakat sekitar.
Termasuk untuk sektor peningkatan pariwisata Lombok. Sebab peserta yang mengikuti tak hanya dari Indonesia namun beberapa negara lain. Bahkan Acara IRONMAN memiliki pertumbuhan yang signifikan dengan merek IRONMAN 70.3 menjadi acara jarak triathlon dengan pertumbuhan tercepat di Dunia.
Perlu diketahui IRONMAN 70.3 LOMBOK akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 9 Oktober 2022. Terdiri dari Pra-lomba, 2 hari (6-7 Oktober), Hari perlombaan, 1 hari (8 Oktober) dan Pasca lomba 1 hari (9 Oktober).
Kejuaraan triathlon Ironman ini nantinya akan melewati tiga wilayah kabupaten/kota di NTB, yakni Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan Lombok Tengah. Para peserta akan menempuh jarak sejauh 113.1 kilometer atau 70.3 miles. Dimulai dari renang satu putaran di pantai seputaran Holiday Resort sejauh 1.9 km. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90.1 km dari Holiday Resort Senggigi melewati Kota Tua Ampenan hingga seputaran wilayah Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Lombok Tengah lalu kembali lagi ke venue utama di Holiday Resort. Terakhir, peserta akan lari sejauh 21.1 km dari Area Transisi di Holiday Resort ke seputaran Hotel Montana Premier lalu kembali lagi ke venue utama sebanyak dua putaran.(win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 407

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *