PKP SETDA LOTIM FOR RADAR MANDALIKA HM Sukiman Azmy

Tambah Fasilitas Rujukan, BPJS Kesehatan Perluas Jangkauan Pelayanan

BPJS Kesehatan mulai memperluas jangkauan pelayanan di Lotim. Kali ini, bekerjasama dengan RSUD Labuhan Haji Lotim.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

BANTUAN sosial pemerintah terhadap masyarakat, tidak saja di sektor kesejahteraan. Tetapi juga kesehatan dan pendidikan. Sektor kesehatan selain terkait pemenuhan hak dasar, agar masyarakat mendapat pelayanan lebih  baik. Untuk itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, menandagangani kerjasama dengan RSUD Labuhan Haji.

Terhitung 1 Februari 2021, masyarakat Lotim yang masuk sebagai peserta BPJS Kesehatan, sudah dapat dilayani di UPT RSUD Lotim di Labuhan Haji. Hal ini berkat kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Demikian pula dengan layanan Jasa Raharja. Kerja sama RSUD Lombok Timur dengan BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja tersebut diresmikan pada Rabu (10/2) lalu.

Menurut Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, Pemkab Lotim terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Kerjasama ini katanya, bagian dari salah satu langkah memperbaiki kualitas SDM dan posisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lotim.

Selain meningkatkan status BLUD RSUD dr. R. Soedjono Selong menjadi tipe B, pemda juga berupaya menambah fasilitas rujukan dengan keberadaan Rumah Sakit di Keruak dan Aikmel. Karena itu ia meminta sarana serta SDM pendukung segera disiapkan, mewujudkan pelayanan mantap, semua harus mantap.

Ditambahkan Bupati, berdasarkan data BPJS Kesehatan saat ini jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Lotim, mencapai 891.716 jiwa dan peserta JKN mandiri sebanyak 79.859 jiwa yang dilayani di 35 Puskesmas sebagai layanan primer dan RSUD Selong sebagai layanan sekunder. Berdasarkan data tersebut jumlah peserta JKN di daerah ini adalah 971.305 jiwa atau 78 persen. Untuk mencapai universal coverage masih ada 267.694 jiwa yang belum tercakup.

Bupati berharap, kerja sama ini berhasil mendorong peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan secara signifikan, karena pelayanan yang semakin optimal. Tentunya diikuti pelayanan yang lebih baik dari BPJS kesehatan.

Harapan sama juga disampaikan bagi Jasa Raharja. Diingatkan Bupati bahwa tuntutan pelayanan masyarakat dari waktu ke waktu akan terus meningkat seiring perkembangan zaman. Peningkatan kualitas kerja sama dengan dua pihak tersebut menjadi harapan Bupati, tentunya melalui komunikasi dan koordinasi yang baik.

 “Semuanya semata untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya di Lombok Timur,” kata HM Sukimam Azmy, Bupati Lotim (*)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 289

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *