LKP Yulie Salon Gelar Pelatihan Tata Kecantikan Rambut

IMG 20210703 WA0105

RAZAK/RADAR MANDALIKA PELATIHAN: Ketua LKP Yulie Salon, Yuliana Astuti (tiga dari kiri), dan Kabis PAUD Dikmas pada Dikbud Lobar, Ahmad Adil (tengah) berpose bersama para peserta pelatihan, Sabtu (3/7).

LOBAR – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yulie Salon bekerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pelatihan tata kecantikan rambut tahun 2021. Kegiatan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) ini diikuti perempuan sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari Lombok Barat. Selama kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Ketua LKP Yulie Salon, Yuliana Astuti, dalam acara pembukaan pelatihan tata kecantikan rambut yang dilaksanakan di LKP Yulie Salon di BTN Geria Indah Desa Geria, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Jalan Sonokeling, Sabtu (3/7), mengatakan pelatihan tata kecantikan rambut diikuti sebanyak 20 orang dan digelar selama 38 hari ke depan. Dalam satu hari, kegiatan dilaksanakan hingga 4 jam. Mulai pukul 13.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita.

Yuliana mengutarakan, kegiatan ini melibatkan instruktur pelatihan sebanyak empat orang. Terdiri dari satu orang instruktur kewirausahaan, dan tata kecantikan rambut ada sebanyak tiga orang. Adapun pelatihan yang diberikan kepada 20 orang peserta ini berupa potong rambut, smoting, kriting, pewarnaan, penyampoan, krimbat, masker, pratama, dan bonding. “Anak-anak bisa belajar bagaimana potong rambut, smoting, bonding, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan skill guna mengatasi pengangguran terlebih di tengah pandemi Covid-19. Sehingga setelah semua peserta selesai mengikuti atau mendapatkan pelatihan, mereka diharapkan bisa menjadi wirausaha baru yang mandiri. “Harapan kita agar keluar dari sini (setelah mengikuti pelatihan), kalian bisa menjadi wirausaha mandiri atau berkelompok,” kata Yuliana.

Dia menuturkan, semenjak mendirikan LKP Yulie Salon pada tahun 2006 silam, pihaknya hampir setiap tahun menggelar pelatihan dengan bekerja sama dengan stakeholder terkait. Namun pascagempa bumi tahun 2018, dan kemudian adanya pandemi seperti sekarang, program pelatihan sempat terhambat.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) PAUD Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Barat, Ahmad Adil berpesan kepada semua peserta agar selalu mengikuti kegiatan pelatihan setiap hari, setiap jam dengan kompak dan selalu tetap memotivasi diri dari dalam. “Harus kompak. Oang yang sukses dalam kerja selalu menumbuhkembangkan motivasi dari dari dalam diri,” katanya.

Adil menerangkan, kegiatan ini sangat bermanfaat di tengah pandemi Covid-19. Di mana pelatihan yang diberikan memiliki peluang ekonomi. Selesai dari pelatihan di LKP Yulie Salon, lanjutnya, para peserta diharapkan menjadi wirausaha baru. “Tolong kompak dan motivasi diri dari dalam. Selesai pelatihan langsung buka usaha salon. Kalau tidak mampu secara mandiri bisa dibuka dengan kelompok,” katanya.

Untuk diketahui, acara pembukaan pelatihan tata kecantikan rambut di LKP Yulie Salon juga dihadiri perwakilan pihak dari Pemerintah Desa (Pemdes) Geria, Sigerongan, dan Langko. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kadus Powen Santai Sikapi Banding Kades Batujai

Read Next

Geopark Tambora Masuk Seleksi Kandidat UGGp 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *