Komisi IV DPRD Loteng Tampung Usulan Karang Taruna

F Hearing

PRAYA – Komisi IV DPRD Lombok Tengah (Loteng) menampung aspirasi termasuk program kerja yang dibedah, Rabu kemarin. Kedatangan perwakilan pengurus karang taruna langsung diterima Ketua Komisi IV, H Supli dan anggota komisi lainnya.

 Dalam tuntutannya, karang taruna kabupaten menuntut hak kepada pemerintah. Pasalnya, selama ini karang taruna tidak pernah diperhatikan. Sementara organisasi plat merah lainnya diperhatikan berbeda. Ada apa?

Lebih parah lagi, disampaikan juga soal tidak pernah mau hadir Sekda Loteng, HM Nursiah setiap ada hearing dilakukan karang taruna. “Surat sudah masuk, cuma mungkin pak Sekda sibuk kampanye,” ungkap Supli dengan nada canda.

   Disampaikan politisi PKS ini, sudah saatnya di momen begini Sekda tampil dan menemui pengurus karang taruna kabupaten dan kecamatan. “Kan beliau mau maju bukan, harusnya ditemui lah. Ini kita bersurat juga tidak hadir,” sesal Supli.

Dari kondisi saat ini, kata Supli bisa disimpulkan bahwa pemerintah dalam hal ini Sekda kurang memperhatikan pemuda. Khususnya karang taruna di Lombok Tengah. “Iya begitu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Loteng, Muh Hadi Satriawan menyempatkan diri mempersentasekan program kerja karang taruna. Persentase ini dilakukan atas permintaan komisi IV dalam hearing beberapa bulan lalu.

Wawan menyampaikan, aspirasi pemuda dan masyarakat yang di wakilkan oleh semua ketua kecamatan karang taruna kecamatan merupakan barometer dan pilar sosial. Dalam paparanya juga dijelaskan beberapa program pengembangan ekonomi kreatif di bidang peternakan, pengolahan sampah, desa wisata, pelatihan dan pembinaan pemuda dan terobosan jitu yang terrumus sebagai ekonomi kerakyatan.

“Kami mengusulkan program sebagai upaya membangun daerah dan terus berkontribusi kepada masyarakat, ” katanya.

Wawan menegaskan, karang taruna akan terfokus dalam program penawaran yakni bagaimana pemberdayaan program di masing-masing kecamatan. Terutama di Kecamatan Pujut yang menjadi pusat ekonomi nasional. Namun  bukan hanya melihat sisi promosi dan aspek ekonomi  namun harus di imbangi dengan pengelolaan sampah yang ada di Kecamatan Pujut, mengingat lokasi TPA Kabupaten Lombok Tengah yang berada di wilayah Pujut.

 “Jadi semua kecamatan juga punya potensi. Ini juga supaya kesiapan SDM, pengolahan sampah dan pelibatan masyarakat sekitar bisa maksimal,” katanya.

Wawan membeberkan, banyaknya program karang taruna yang luput dari perhatian pemerintah daerah selama ini. Dan ini merupakan pukulan telak yang sangat miris.

“Kami organisasi plat merah yang luput dan terlupakan pemerintah, masak organisasi lain aja yang dianggarkan,” sentilnya.

Ditambahkan Ketua Komisi IV, H Supli. Pihaknya berjanji akan membagi diri dalam mengakomodir program berdasarkan ke wilayahan agar maksimal dan fokus. Mengingat anggota Komisi IV tersebar di beberapa kecamatan.

 “Jadi akan mudah dalam penganggaran dan eksekusi program. Pastikan dulu dinas terkait tempat akan dititipkan program, supaya Karang Taruna yang eksekusi,” tegas Supli.

Supli menambahkan, pihaknya selalu welcome kepada Karang Taruna akan senantiasa terus berkontribusi, dan memberikan masukan beberapa program fokus pemberantasan kemiskinan, dengan program sederhana.

“Buatkan lah juga program pembinaan janda dan anak terlantar, mengingat itu sangat penting, ” tuturnya.

Supli kembali menyayangkan sikap Pemda yang tidak memperhatikan pemuda, namun sisi lain juga pihaknya merasa kecewa pula mengingat beberapa program unggulan yang setiap tahun dianggarkan dan dilaksanakan terpangkas juga oleh Covid-19. (r2)

1 Review

?s=96&d=mm&r=g
asmiranda
1

bermain game dapat rejeki berlimpah

pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. Click Disini

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kader Diminta Bergerak Menangkan Bapaslon BARU

Read Next

Remaja 17 Tahun di Lotim Nodai Dua Gadis Belia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *