DICURI: Kabel PJU Jalan Bypass BI-Mandalika.

PRAYA – Aksi pencurian kabel Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Bypass BIL-Mandalika kembali terjadi.

Kondisi kabel yang sudah dicuri bisa disaksikan langsung oleh warga yang melintas. Dimana, kabel bawah tanah yang ada di pembatas jalan tersebut terkuat naik akibat ulah pencuri yang menarik kabel untuk diambil.

Akibat ulah pencuri tersebut, kondisi akses jalan tersebut pada malam hari akan menjadi gelap dan bisa membahayakan para pengendara yang melintas.

Salah seorang warga Solang Prismayadi mengungkapkan, jika tindak penjurian tersebut terjadi pada malam hari. Dimana diperkirakan para pencuri menggunakan rota empat untuk menarik dan menggulung kabel tersebut untu dibawa.

“Yang kita khawatirkan terjadi benar terjadi, kabel yang diambil juga cukup panjang,” terangnya, kemarin.

Menyinggung pengamanan dari pihak terkait, pihaknya menjelaskan jika pengamanan berupa patroli mungkin saja dilakukan. Namun menurutnya ada waktu- waktu tertentu yang dipilih oleh pencuri untuk melancarkan aksinya tersebut.

“Patroli berkala mungkin ya, tetapi maling lebih tahu kapan waktu yang tepat mengeksekusi,” sentilnya.

Pihaknya berharap agar pihak terkait bisa segera mengambil tidakan untuk melakukan identifikasi lebih lanjut terkait persoalan tersebut agar tidak terus terjadi. Pasalnya selama ini hilangnya kabel di jalan Bypass dan bundaran tersebut sudah sering terjadi bahkan tercatat terjadi sebanyak tiga kali. Mirisnya tindak pidana ini terjadi saat menjelang adanya even di Mandalika yakni even Shale Eco Marathon dalam waktu dekat.

Sedangkan tindak pidana pencurian sebelumnya juga tercatat terjadi saat jelang WSBK dan juga jelang perhelatan MotoGP beberapa waktu lalu.

Upaya pencegahan dari aparat penegak hukum sangat di butuhkan demi bisa menjaga fasilitas umum sebagai penunjang pembangunan di KEK Mandalika.

“Semoga bisa segera ditemukan pelakunya, APH (Aparat Penegak Hukum) jjuga ada upaya pencegahan yang lebih efektif,” harapnya. (ndi)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 876

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *