Kabar Baik, RS Provinsi NTB Gratiskan Warga Kurang Mampu Sekalipun Tak Miliki BPJS

IMG 20210416 WA0035

DOK PRIBADI FOR RADAR MANDALIKA.ID dr H Lalu Herman Mahaputra (dr Jack)

MATARAM – Pihak RSUD Provinsi NTB tetap akan melayani pasien dari warga kurang mampu secara gratis, meski pasien tidak terdaftar atau tidak memiliki BPJS Kesehatan.

Direktur RSUD Provinsi NTB, Dr H Lalu Herman Mahaputra menegaskan, kebijakan itu dilakukan demi memaksimalkan pelayanan RS kepada masyarakat di NTB.

“Saya tegaskan, walau pun tidak punya BPJS, namun pasien tersebut berasal dari warga kurang mampu, harus tetap kita layani dengan maksimal dan gratis tidak boleh dipungut biaya,” kata Herman Mahaputra Jumat (16/4) di Mataram.

Mantan Direktur RSUD Kota Mataram yang baru sebulan menjabat Direktur RSUD Provinsi NTB ini mengakui, meski kinerja pelayanan RSUP Provinsi sudah optimal, namun tak bisa dipungkiri masih ada keluhan-keluhan masyarakat.

Hal inilah yang saat ini difokuskan dirinya, untuk membenahi dan memaksimalkan pelayanan.

Selain memberikan pelayanan gratis untuk warga kurang mampu, RSUD Provinsi NTB juga melakukan pembehanan sistem administrasi pelayanan.

Dr Jack panggilan populernya mengatakan saat ini tengah dilakukan pembenahan sistem rujukan dan sistem antrean pasien. Terutama bagi pasien yang memerlukan tindakan terencana atau operasi elektif.

RS juga akan memberlakukan layanan administrasi yang bersifat one stop service, dengan memangkas alur pelayanan administrasi untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan di rumah sakit.

“Sehingga masyarakat yang datang membutuhkan layanan bisa lebih cepat ditangani,” ujarnya.

Dr Jack menekankan, dirinya menjamin tidak akan terjadi lagi penolakan pasien di RSUD Provinsi NTB.

“Kami juga sudah membentuk Tim Cyber untuk melacak dan menindaklanjuti informasi dan berita di media sosial dengan bekerjasama dengan Pihak Berwenang. Sehingga keluhan masyarakat bisa cepat kita atensi,” tukasnya.

Pria humble dan sangat terbuka ini menegaskan, masyarakat yang punya keluhan terhadap layanan di RSUD Provinsi NTB juga bisa langsung menyampaikannya ke Direktur RSUD Provinsi NTB setiap saat.

“Paradigma RS harusnya sudah berubah. Jangan lagi ada warga yang sakit namun takut atau enggan ke RS hanya karena memikirkan biaya dan sulitnya akses pelayanan. Kita berharap pembenahan-pembenahan ini memaksimalkan layanan RSUD Provinsi NTB ke depan,” pungkasnya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mahasiswa dan Pemuda Kristen siap Kepung Balaikota Mataram

Read Next

Gubernur NTB Dapat Penghargaan Keberhasilan Pengesahan Perda Perkawinan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *